Penulis Utama : Vammy Beverly Valentine
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013228
Tahun : 2016
Judul : Hubungan antara Tingkat Pendidikan dengan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Menjaga Kebersihan Organ Genitalia Eksterna pada Siswi SD, SMP, dan SMA di Surakarta
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Prog. Studi Kedokteran - G0013228-2016
Subyek : PENGETAHUAN, SIKAP, TINDAKAN, ORGAN GENITALIA EKSTERNA, PEREMPUAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 

Latar Belakang: 75% perempuan di seluruh dunia menderita keputihan. Di Indonesia   sendiri   lebih   dari   70%   perempuan   mengalami   keputihan   yang disebabkan oleh parasit seperti Trichomonas vaginalis dan jamur seperti Candida albicans. Keputihan seringkali dialami pada perempuan dengan kebersihan organ reproduksi  yang  buruk.  Kurangnya  perhatian  pada  kebersihan  dan  kesehatan organ reproduksi dapat dipengaruhi oleh pengetahuan perempuan yang kurang mengenai kesehatan reproduksi.

Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian ini dilakukan pada 270 siswi SMA N
3 Surakarta, 88 siswi SMP Al Azhar Syifa Budi Surakarta, dan 44 siswi SD Muhammadiyah Program Khusus Surakarta   selama bulan Oktober sampai Desember 2016. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Variabel bebas berupa tingkat pendidikan, variabel terikat berupa pengetahuan, sikap, dan perilaku menjaga kesehatan organ genitalia eksterna, serta variabel percancu berupa pengalaman pribadi, pendidikan, sosial budaya, dan pengaruh media massa. Pengujian hipotesis analisis bivariate menggunakan analisis Chi-Square.

Hasil Penelitian: Penelitian ini menunjukkan 81,8% siswi SD, 84,1% siswi SMP, dan 85,9% siswi SMA memiliki pengetahuan menjaga kebersihan organ genitalia eksterna kategori baik. 9,7 % siswi SD, 21,4% siswi SMP, dan 68,9% siswi SMA memiliki sikap menjaga kebersihan organ genitalia eksterna dalam kategori baik.
9,0% siswi SD, 21,4% siswi SMP, dan 69,7% siswi SMA memiliki perilaku menjaga kebersihan organ genitalia eksterna kategori baik.

Simpulan: Hubungan yang bermakna ditunjukkan antara perilaku menjaga kebersihan organ genitalia eksterna dengan tingkat pendidikan (p = 0,000) dengan keeratan kedua variabel tergolong lemah (koefisien kontingensi = 0,279). Tidak ada hubungan bermakna antara tingkat pendidikan dengan pengetahuan menjaga kebersihan  organ  genitalia  eksterna  (p=0,589)  dan  sikap  menjaga  kebersihan organ genitalia eksterna (0,052).

 

Kata   Kunci:   Pengetahuan,   Sikap,   Tindakan,   Organ   Genitalia   Eksterna, Perempuan

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lembar Persetujuan Publikasi_1.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
BAB (5).pdf
BAB (6).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sumardiyono, SKM, M.Kes
2. R.Prihandjojo Andri Putranto, dr, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran