Penulis Utama : Theodorus Egi Pratama R
NIM / NIP : E0015403
×

Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai alasan pemenang lelang belum memperoleh perlindungan hukum yang optimal dan upaya apa saja yang harus dilakukan oleh pemenang lelang untuk memperoleh hak atas penguasaan objek lelang.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka dilakukan penelitian hukum empiris atau non-doctrinal research yang bersifat deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara dan studi kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan, mengelompokkan, dan menyeleksi data yang diperoleh dari penelitian lapangan, kemudian dihubungkan dengan teori-teori, asas-asas, dan kaidah-kaidah hukum yang diperoleh dari studi kepustakaan.

Dari kajian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi pemenang lelang tidak mendapatkan perlindungan hukum yang layak seperti mendapat gugatan dari debitur yang tidak terima dengan hasil lelang atau tanah yang seharusnya menjadi milik pemenang lelang masih dihuni oleh pemilik tanah sebelumnya. Upaya-upaya yang dapat dilakukan oleh pemenang lelang untuk mendapatkan hak yang seharusnya didapat dari objek yang dibeli dapat dilakukan dengan cara mengajukan eksekusi pengosongan jika objek yang dimenangkan masih berpenghuni. Kajian tersebut dilakukan agar pemenang lelang memperoleh hak yang seharusnya didapat dari pembelian objek lelang.

Kata Kunci : Hak Tanggungan; Jaminan; Lelang; Perlindungan Hukum.

×
Penulis Utama : Theodorus Egi Pratama R
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0015403
Tahun : 2019
Judul : Perlindungan Hukum Pemenang Lelang Terhadap Penguasaan Benda Hasil Eksekusi Dalam Pengosongan Objek Lelang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-FH Jur. Hukum-E.0015403-2019
Kata Kunci : Hak Tanggungan; Jaminan; Lelang; Perlindungan Hukum.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mochammad Najib Imanullah, S.H.,M.H.,Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.