Penulis Utama : Valentina Widia Kusumawati
NIM / NIP : D1215055
×

Abstrak

Kepolisian Resor (Polres) yaitu Polres Karanganyar ikut mengambil peran untuk mensosialisasikan program Aksi 123 Clear and Clean sebagaimana tema yang diusung Polri untuk rekrutmen anggota Polri 2017.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan secara rinci bagaimana terjadinya aktivitas strategi komunikasi Polres Karanganyar dalam rangka  mensosialisasikan program Aksi 123 Clear and Clean. Selain itu, penelitian ini juga membahas faktor pendukung dan penghambat program Aksi 123 Clear and Clean.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber utama yang diperoleh dari wawancara kepada Polres Karanganyar, sedangkan data pendukung diperoleh dari dokumentasi dan faktor pendukung berupa data-data dari media yang digunakan. Kemudian mengaplikasikannya kedalam 5 unsur paradigma teori  Harold Laswell serta teori strategi komunikasi milik Arifin.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi komunikasi yang dilakukan yaitu; mengenal khalayak, menyusun pesan, menetapkan metode, seleksi dan pemilihan media serta monitoring dan evaluasi. Faktor pendukung strategi komunikasi yakni kebijakan Kapolres Karanganyar, aksesbilitas yang tinggi terhadap teknologi, sumber daya Polres Karanganyar. Sedangkan faktor penghambatnya yakni  kewilayahan Polres Karanganyar yang sangat luas dan kerjasama antar instansi Polres Karanganyar dan Kelurahan wilayah Kabupaten Karanganyar  belum maksimal. 

Kata Kunci : deskriptif kualitatif, strategi komunikasi, program Aksi 123 Clear and Clean, Polres Karanganyar

×
Penulis Utama : Valentina Widia Kusumawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1215055
Tahun : 2017
Judul : Strategi Komunikasi Program Polri (Studi tentang Strategi Komunikasi Polres Karanganyar dalam Rangka Mensosialisasikan Program Aksi 123 Clear and Clean)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1215055-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Herwindya Baskara Wijaya, S.Sos, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.