Penulis Utama : Aditya Dananjaya
NIM / NIP : D0212004
×

ABSTRAK
Pemilu maupun Pilkada merupakan sarana demokrasi yang telah digunakan di berbagai negara. Kelompok pemilih pemula adalah pemilih yang belum mempunyai jangkauan politik yang cukup kuat namun memiliki potensi yang besar untuk memberikan suara dalam pemilu atau pilkada. Partai Politik Perindo (Persatuan Indonesia) sebagai partai pendatang baru berupaya mempengaruhi persepsi guna meningkatkan ketertarikan pemilih pemula melalui iklan di televisi dalam upaya menjaring suara guna memenangkan perhelatan pemilu atau pilkada yang akan digelar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh iklan partai politik Perindo di televisi terhadap persepsi pemilih pemula di SMAN 2 Surakarta serta untuk mengetahui adakah pengaruh lingkungan keluarga dan sosial terhadap hubungan iklan partai politik Perindo di televisi dan persepsi pemilih pemula di SMAN 2 Surakarta.
Penelitian ini menggunakan teori message receptions yakni teori yang menyatakan pada dasarnya khalayak aktif meresepsi dan tidak dapat lepas dari pandangan moralnya, baik pada taraf mengamati, meresepsi atau dalam membuat kesimpulan, Dalam teori ini terdapat jenjang atau kunci yang digunakan agar pemaknaan audience dapat dijelaskan, yakni terdapat tiga posisi: Accepting atau dominant, Negotiated, dan Oppositional
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan random sampling terhadap siswa/ siswi kelas 3 di SMAN 2 Surakarta dengan ciri-ciri berusia minimal 17 tahun, belum pernah memiliki pengalaman dalam memberikan hak suaranya dalam pemilu ataupun pilkada, dan pernah melihat iklan partai perindo di televisi. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan regresi moderasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Partai Politik Perindo di televisi memberikan pengaruh sebesar 8,8% terhadap persepsi pemilih pemula di SMA N 2 Surakarta serta variabel moderasi yang dimunculkan yakni lingkungan keluarga dan lingkungan sosial tidak cukup terbukti untuk mampu memberikan efek penguatan atau pelemahan terhadap persepsi pemilih pemula setelah diterpa iklan Partai Politik Perindo.
Keywords : Pengaruh iklan, partai politik, pemilih pemula

 

×
Penulis Utama : Aditya Dananjaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212004
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Iklan Partai Politik Perindo (Persatuan Indonesia) di Televisi terhadap Persepsi Pemilih Pemula (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Iklan Partai Politik Perindo (Persatuan Indonesia) di Televisi terhadap Persepsi Pemilih Pemula di SMA Negeri 2 Surakarta)
Edisi :
Imprint : surakarta - F. Ilmu Sosial dan Politik - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi - D0212004-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Haryanto, M.Lib.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.