Penulis Utama : Melisa Citra Wardhani
NIM / NIP : E0015250
×

Penelitian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan proses pemeriksaan pada gugatan intervensi, alasan gugatan intervensi tersebut dikabulkan dan apa akibat hukumnya atas adanya intervenient bagi Penggugat Asal dan Tergugat Asal pada putusan nomor 548/Pdt.G/2015/PN.Sby.
Penelitian ini menggunakan penelitian hukum normatif dengan jenis dan sumber bahan hukumnya yaitu bahan hukum primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data dengan cara studi pustaka.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pemeriksaan gugatan intervensi tidak berbeda dengan gugatan perdata biasa, apabila gugatan tussenkomst sehingga gugatan tersebut harus ada kaitannya dengan perkara asal. gugatan intervensi dikabulkan karena salah satu bukti yang diajukan yaitu Kitir Buku Bilyet Giro yang merupakan bukti tertulis. Bukti tersebut dapat menjadi sempurna karena diakui oleh Penggugat Intervensi, sehingga bukti tersebut sah dan saling menguatkan dengan Bilyet Giro. Majelis Hakim dalam mempertimbangkan hanya berdasarkan fakta-fakta yang ada didalam persidangan. Akibat hukumnya dengan adanya intervenient untuk Penggugat Asal adalah Gugatan ditolak serta berkaitan dengan pengalihan dan balik nama objek sengketa yang meggunakan tanda tangan Penggugat Asal dan Tergugat Asal maka harus dilaksanakan oleh Penggugat Asal dan Tergugat Asal

×
Penulis Utama : Melisa Citra Wardhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0015250
Tahun : 2018
Judul : Studi tentang gugatan intervensi Tussenkomst pada gugatan perkara perdata (studi putusan nomor: 548/Pdt.G/2015/PN.SBY)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0015250-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Harjono, S.H., M.H
2. Zakki Adlhiyati, S.H., M.H., L.LM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.