Penulis Utama : Suryo Legowo
NIM / NIP : B3216052
×

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dinamika perkembangan kesenian ketoprak di Pati tahun 1950-2000. Bagaimana kemunculan ketoprak di Pati, karakteristik dan fungsi ketoprak di Pati, Penelitian ini mengkaji tentang Peranan Pemandu Wisata Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Desa Wisata Pulesari Kabupaten Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan yang dipertanyakan, yaitu mengetahui profil pemandu wisata di Desa Wisata Pulesari, mengetahui profil pemandu wisata, mengetahui peran pemandu wisata dalam upaya meningkatkan pelayanan di Desa Wisata Pulesari, dan Untuk mengetahui kendala apa saja yang sering dihadapi oleh pemandu wisata di Desa Wisata Pulesari.
    Penulisan Tugas Akhir ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan peranan pemandu wisata untuk menunjang kelancaran tugas dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Desa Wisata Pulesari. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipasi, wawancara, studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
    Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor kemampuan, dan pengetahuan yang dimiliki oleh pemandu wisata dalam melayani wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Pulesari dapat ditunjukan melalui kinerja, kecakapan, disiplin, ramah tamah berwawasan luas dan sikapnya dapat dijadikan acuan untuk mengukur kualitas dan pemandu wisata.
    Kesimpulan yang dapat diambil bahwa kemampuan dan pengetahuan pemandu wisata di Desa Wisata Pulesari dalam melayani sudah ada peningkatan. Baik dalam penambahan penguasaan bahasa asing, kinerja, kepribadian, mengatasi kendala saat memandu wisatawan. Jika wisatawan merasa puas maka akan berdampak pada meningkatnya tingkat kunjungan wisatawan di Desa Wisata Pulesari

×
Penulis Utama : Suryo Legowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3216052
Tahun : 2019
Judul : Peranan pemandu wisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan desa wisata Pulesari kabupaten Sleman
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2019
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Prog. D III Usaha Perjalanan Wisata-B3216052-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Wijayanto, S.ST.Par.,M.MPar
2. Amad Saeroji, S.S., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.