Penulis Utama : Anindhita Citra Yasminta Alfianto
NIM / NIP : K7115015
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD Negeri Geneng 02 Sukoharjo. Alternaif yang dipilih yaitu dengan menerapkan metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R). Sintaks metode PQ4R yang sistematis diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam memahami teks bacaan, sehingga dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik.
Penelitian ini disusun menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang diteliti adalah guru dan 23 peserta didik kelas IV SD Negeri Geneng 02 Sukoharjo. Prosedur penelitian ini terdiri dari tiga siklus, setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu validitas isi, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Milles dan Huberman.
Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada masing-masing indikator pada siklus I hingga siklus III dan telah mencapai indikator kinerja penelitian yang ditetapkan. Indikator pemahaman isi teks pada siklus III mencapai skor rata-rata 21,85, ketepatan organisasi isi teks mencapai skor rata-rata 24,95, ketepatan struktur kalimat mencapai skor rata-rata 12,71, penulisan tanda baca dan penggunaan huruf kapital mencapai skor rata-rata 10,93, dan ketepatan diksi mencapai skor rata-rata 8,48. Perolehan nilai rerata klasikal pada siklus I yaitu 61,96 (34,64%), meningkat pada siklus II menjadi 72,32 (63,64%) dan kembali meningkat pada siklus III menjadi 78,52 (91,30%). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD Negeri Geneng 02 Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019.

Kata kunci: keterampilan membaca pemahaman, metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R)

 

×
Penulis Utama : Anindhita Citra Yasminta Alfianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115015
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Geneng 02 Sukoharjo Tahun Ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Guru Sekolah Dasar-K7115015-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Wahyuningsih, M.Pd.,
2. Hadiyah, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.