Penulis Utama : Bambang Prasetya Budi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S541302019
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dan Persepsi Pasien tentang Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Kedokteran Keluarga-S541302019-2017
Subyek : KOMUNIKASI TERAPEUTIK, PERSEPSI, PELAYANAN KESEHATAN, KEPUASAN
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Latar Belakang : Pelaksanaan  pelayanan keperawatan dibutuhkan adanya komunikasi yang baik antara perawat dan pasien. Melalui komunikasi yang baik dapat meningkatkan kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan, selain itu persepsi pasien tentang pelayanan kesehatan menunjukkan pemahaman pasien tentang pelayanan yang diperoleh sehingga mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dan persepsi pasien tentang pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien.
Subjek dan Metode : Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah pasien yang berkunjung di Puskesmas Cebongan Kota Salatiga pada bulan Februari 2015 yaitu sejumlah 604 orang.Sampel penelitian sebanyak 15?ri toal populasi sehingga sampel sebanyak 91 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan non random sampling yaitu purposive sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi linier berganda.
Hasil : terdapat hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien dengan nilai r hitung 0,610 dan signifikansi 0,000. Terdapat hubungan persepsi pasien tentang pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien dengan nilai r hitung 0,535 dan signifikansi 0,000. Terdapat hubungan komunikasi terapeutik perawat dan persepsi pasien tentang pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien dengan nilai r hitung 0,682 dan signifikan 0,000.
Kesimpulan : ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dan persepsi pasien tentang pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien

Kata Kunci : komunikasi terapeutik, persepsi, pelayanan kesehatan, kepuasan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hari Wujoso, dr, Sp, F, M.M.
2. Prof. Dr. Satimin Hadiwidjaja, dr,PAK, MARS.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana