Penulis Utama : Amalia Safitri Kusuma Putri
NIM / NIP : K8112006
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh toilet training terhadap kemandirian toilet anak usia 4-5 tahun. Penelitian kuantitatif quasi eksperimen ini menggunakan between subject design dengan sampel 10 anak usia 4-5 tahun di RA Hidayatullah Surakarta dan TK Permata Hati Jebres Surakarta. Penelitian dilakukan bulan Februari 2016 sampai bulan April 2019 (39 bulan).
Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi yang diadaptasi dari  Mota & Baros (2008) dengan rating scale yang setiap jawaban kuantitatifnya diartikan ke dalam suatu arti. Teknik validasi instrumen penelitian ini terdiri dari uji validitas instrumen menggunakan uji validitas konstrak  dan uji reliabilitas instrument menggunakan alpha cronbach’s. Teknik analisis data terdiri dari uji pra syarat dan uji hipotesis. Uji pra syarat terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis terdiri dari independent sample t-test dan paired sample t-test.
Penelitian menunjukkan hasil yaitu toilet training berpengaruh pada kemandirian toilet anak usia 4-5 tahun. Terdapat perbedaan signifikan nilai post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada pre-test dan post-test kelompok eksperimen juga terdapat pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan toilet training berpengaruh terhadap kemandirian toilet anak usia 4-5 tahun.
 
Kata Kunci : toilet training, kemandirian toilet, anak usia 4-5 tahun

×
Penulis Utama : Amalia Safitri Kusuma Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8112006
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh toilet training terhadap kemandirian toilet anak usia 4-5 tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru PAUD-K8112006-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Wahyuningsih, M.Pd.,
2. Warananingtyas Palupi, S.Sn., M.A.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.