Penulis Utama : Ade Nugroho Dewantoro
NIM / NIP : K2515001
×

ABSTRAK

Kebutuhan dalam menyediakan kesempatan pembelajaran yang aktif merupakan hal yang penting pada Pendidikan di bidang Teknik. Pendekatan menggunakan metode pembelajaran experiential learning diterapkan pada riset ini untuk memberikan sebuah opsi pada pembelajaran turbin. Opsi pembelajaran ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik untuk bisa melakukan kalkulasi pada sebuah turbin dan memprediksi performa dari turbin tersebut. Finite Element (FE) merupakan prosedur solusi numerik untuk menganalisa permasalahan yang ada dalam bidang Teknik, akan diterapkan dalam pembelajaran yang dikembangkan melalui siklus – siklus dari experiential learning oleh Kolb untuk memberikan visualisasi mengenai turbin angin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah opsi pembelajaran baru pada mata kuliah turbin untuk membangun pemahaman siswa mengenai konsep rekayasa turbin serta memberikan kesempatan bagi siswa untuk memiliki pengalaman dalam merancang turbin angin dengan FEM. Metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari aktivitas pengembangan berupa (analysis, design, develop, implementation and evaluation) digunakan pada penelitian ini untuk mengembangkan rencana pembelajaran pada mata kuliah turbin.  Analisis akan dilakukan untuk mengetahui kebutuhan pembelajaran pada mata kuliah turbin melalui wawancara kepada dosen yang berkaitan. Hasil dari proses analisis tersebut menjadi dasar untuk merancang sebuah pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran pada mata kuliah tersebut. Kemudian akan dikembangkan sebuah lembar kerja mahasiswa untuk menyediakan sebuah pembelajaran yang aktif berdasarkan hasil analisis dan design.
Hasil dari penelitian ini berupa sebuah rancangan pembelajaran berbasis experiential learning dengan submateri merancang turbin angin horizontal dengan dilengkapi sebuah lembar kerja mahasiswa sebagai panduan bagi mahasiswa untuk melakukan simulasi menggunakan software finite element.

Kata Kunci : Pendidikan bidang teknik, experiential learning, pembelajaran, mata kuliah turbin, MEH, ADDIE, visualsisasi

 

×
Penulis Utama : Ade Nugroho Dewantoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2515001
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Rancangan Pembelajaran Berbasis Experiential Learning dengan Alat Bantu Pembelajaran Finite Element Method pada Mata Kuliah Turbin
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Teknik Mesin-K2515001-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Indah Widiastuti, S.T., M.T.,
2. Dr. Eng. Nugroho Agung Pambudi S.T., M.T.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.