Penulis Utama : Fitri Pramushintha
NIM / NIP : K2515030
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: (1) kesiapan pelaksanaan PPDB melalui sistem zonasi di SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2018/2019; (2) penyiapan guru, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah sebelum pelaksanaan PPDB melalui sistem zonasi; (3) penyiapan siswa dan orang tua dalam melaksanakan PPDB melalui sistem zonasi; (4) sarana dan prasarana penunjang dalam pelaksanaan PPDB melalui sistem zonasi; (5) pelaksanaan PPDB melalui sistem zonasi di SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2018/2019; (6) hasil belajar siswa setelah pelaksanaan PPDB sistem zonasi; (7) kepuasan siswa dan orang tua terhadap kebijakan pelaksanaan PPDB melalui sistem zonasi.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Kebakkramat. Penelitian ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Populasi dari penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, siswa dan orang tua. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebar kepada seluruh responden dan wawancara dengan sebagian responden. Penelitian ini termasuk penelitian fact finding oleh sebab itu uji reliabilitas instrumen penelitian tidak perlu dilakukan. Penentuan validitasnya menggunakan validitas logika. Analisis skor dalam bentuk rata-rata penentuan kualitas aspek tiap-tiap komponen evaluasi berdasarkan kriteria tertentu.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) kondisi SMA Negeri Kebakkramat dalam melaksanakan PPDB melalui sistem zonasi sudah baik; (2) kondisi orang tua dan siswa menerapkan kebijakan PPDB cukup; (3) kesiapan dalam pelaksanaan PPDB melalui sistem zonasi sudah baik; (4) kesiapan siswa dan orang tua dalam melaksanakan kebijakan tersebut cukup; (5) pelaksanaan PPDB melalui sistem zonasi berjalan lancar; (6) faktor penghambat pada pelaksanaan PPDB melalui sistem zonasi yaitu tata cara pelaksanaan yang dirasa siswa dan orang tua sulit; (7) kebijakan PPDB melalui sistem zonasi mempersempit pilihan sekolah; (8) guru mengalami kesulitan mengajar siswa zonasi; (9) hasil belajar siswa setelah diterapkan PPDB melalui sistem zonasi rendah.


Kata kunci: Pelaksanaan, PPDB melalui sistem zonasi, CIPP

 

×
Penulis Utama : Fitri Pramushintha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2515030
Tahun : 2019
Judul : Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui Penerapan Sistem Zonasi Siswa SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2018/2019 (Studi Menggunakan Model Evaluasi Context Input Process Product)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Teknik Mesin-K2515030-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd.
2. Budi Harjanto, S.T., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.