Penulis Utama : Mirza Alfitaningrum
NIM / NIP : D0210075
×

Abstrak

Pariwisata saat ini merupakan salah satu sektor yang menjadi andalan beberapa negara di dunia untuk menjadikan sektor yang mampu menambah devisa negara. Tourism Information Center (TIC) merupakan program penunjang yang dibentuk oleh Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informasi (DPPKKI) Kabupaten Blora, memiliki salah satu program penunjang yakni Tourism Information Center.
Tujuan dari penelitian ini ialah melakukan studi tentang efektifitas program Tourism Information Center (TIC) Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informasi (PPKKI) dalam pemasaran pariwisata di Kabupaten Blora. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas program TIC yang dijalankan oleh Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informasi (PPKKI) di Kabupaten Blora dan untuk mengetahui apa saja kendala dalam menjalankan program TIC oleh Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informasi (PPKKI) dalam pemasaran pariwisata di Kabupaten Blora dijalankan.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif yakni penelitian yang ditujukan untuk mengetahui efektivitas suatu program yang meliputi, tujuan, hasil, atau dampak suatu kegiatan atau program dan juga mengenai proses pelaksanaan suatu kebijakan yang telah direncanakan dan dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu. Dalam penelitian evaluasi ini, peneliti menggunakan pendekatan model CIPP yang menilai context, input, process, dan product suatu program.
Adapun hasil dari penelitian pelaksanaan program TIC ( Tourism Information Center), maka dapat diketahui mengenai efektivitas program tersebut. Pelaksanaan program cukup efektif karena dari parameter keberhasilan program terjadi peningkatan pengunjung sebanyak 127.050 pengunjung dari jumlah pengunjung sebelumnya sebanyak 14.220 pada tahun 2014 menjadi 141.250 pengunjung pada 2015.

Kata Kunci : Komunikasi, Evaluasi, Pariwisata

×
Penulis Utama : Mirza Alfitaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0210075
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Efektivitas Program Tourism Information Center Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Informasi (Dppkki) Kabupaten Blora 2014-2016 (Studi Deskriptif Kualitatif Menggunakan Model Evaluasi Context Input Process Product)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0210075-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sutopo, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.