Penulis Utama : Rintomi Esa Mutiarasari
NIM / NIP : K5412064
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui daya dukung lingkungan berdasarkan  tekanan  penduduk  di  Kecamatan  Selo  Kabupaten  Boyolali  tahun 2016  (2)  Mengetahui  tingkat  kesejahteraan  masyarakat  di  Kecamatan Selo Kabupaten   Boyolali   tahun   2016   (3)   Mengetahui   hubungan   daya   dukung lingkungan terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali tahun 2016.
Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi penelitian ini   adalah   seluruh   seluruh   kepala   keluarga   di   Kecamatan   Selo.   Teknik pengambilan sampel  yang digunakan  adalah sampel wilayah. Sampel  wilayah digunakan untuk mengambil data tentang tingkat kesejahteraan sosial masyarakat di wilayah administrasi Kecamatan Selo. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus dari Soemarwoto model I untuk menghitung tekanan penduduk dan daya dukung lingkungan, sedangkan untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat dilakukan dengan mencocokkan kondisi di lapangan dengan indikator kesejahteraan masyarakat dari BKKBN.
Hasil penelitian ini adalah (1) Daya dukung lingkungan berdasarkan tekanan penduduk di Kecamatan Selo diklasifikasikan menjadi dua kelas, yaitu rendah dan tinggi (2) Tingkat kesejahteraan masyarakat Kecamatan Selo termasuk rendah dikarenakan mayoritas masyarakat berada pada tahapan keluarga sejahtera I (KS I). (3) Terdapat hubungan berbanding lurus antara daya dukung lingkungan berdasarkan tekanan penduduk terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Selo.

Kata Kunci : tekanan penduduk, daya dukung lingkungan, tingkat kesejahteraan masyarakat

×
Penulis Utama : Rintomi Esa Mutiarasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5412064
Tahun : 2017
Judul : Analisis Daya Dukung Lingkungan Berdasarkan Tekanan Penduduk terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali Tahun 2016 (Implementasi Pengayaan Materi Pembelajaran Geografi pada Kelas XI Semester I Kurikulum 2013 pada Kompetensi Dasar Menganalisis Dinamika dan Masalah Kependudukan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Geografi-K5412064-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Setya Nugraha, S.Si., M.Si.
2. Dr. Yasin Yusup, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.