Penulis Utama : Sri Susilowati
NIM / NIP : K33130639
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  (1) kepercayaan diri dan (2) prestasi belajar siswa pada materi konsep mol kelas X Keperawatan 1 SMK N 1 Banyudono tahun pelajaran 2016/2017 dengan penerapan cooperative learning TAI (Team Assisted Individualization) dilengkapi LKS berukuran kecil berbasis metode latihan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Setiap siklus pembelajaran terdiri atas tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Keperawatan 1 di SMK N 1 Banyudono tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data penelitian adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa tes aspek pengetahuan. Teknik non tes digunakan pada aspek sikap dan kepercayaan diri berupa observasi dan angket. Teknik non tes untuk aspek ketrampilan dilakukan menggunakan teknik observasi, melalui tugas proyek dan juga tugas produk. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi LKS berukuran kecil berbasis model latihan dapat meningkatkan kepercayaan diri pada materi pokok Konsep Mol siswa kelas X Keperawatan 1 SMK N 1 Banyudono tahun pelajaran 2016/2017. Pesentase kepercayaan diri pada siklus I sebesar 54,55% dan meningkat pada siklus II menjadi 87,88%. (2) pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dilengkapi LKS berukuran kecil berbasis metode latihan dapat meningkatkan prestasi belajar pada materi pokok Konsep Mol siswa kelas X Keperawatan 1 SMK N 1 Banyudono tahun pelajaran 2016/2017. Presentase prestasi belajar aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 45,45% meningkat menjadi 63,4% pada siklus II. Presentase prestasi belajar untuk aspek sikap telah memenuhi target pada siklus I yaitu 100?ri target sebesar 70%. Sedangkan presentase prestasi belajar aspek ketrampilan juga telah memenuhi target pada siklus I sebesar 100?ri terget yang ditentukan yaitu 70%

Kata kunci : TAI (Team Assisted Individualization), kepercayaan diri, prestasi belajar, konsep mol, buku saku

 

×
Penulis Utama : Sri Susilowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K33130639
Tahun : 2019
Judul : Penerapan model pembelajaran team assisted individualization dilengkapi LKS berukuran kecil berbasis metode latihan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan prestasi belajar siswa (pada materi pokok konsep mol kelas X keperawatan 1 SMK N 1 Banyudono tahun ajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Kimia-K3313069-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Yamtinah S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Maria Ulfa, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.