Penulis Utama : Umul Farida
NIM / NIP : K4413067
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hubungan antara pemahaman Sejarah Lokal dengan sikap cinta tanah air pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. 2) Hubungan antara kesadaran budaya dengan sikap cinta tanah air pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. 3) Hubungan antara pemahaman sejarah lokal dan kesadaran budaya secara bersama-sama dengan sikap cinta tanah air pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Sampel diambil sebanyak 155 siswa dengan teknik simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui tes dan angket. Tes dan angket sebelumnya diuji cobakan dan di uji validitas serta reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji R2, dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) ada hubungan yang positif antara pemahaman sejarah lokal dan sikap cinta tanah air pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Hal ini berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 26,034 > 1,65494 dan signifikansi < 0> 0,005, yaitu 0,520 dengan sumbangan relatif sebesar -2,4?n sumbangan efektif sebesar -2,35%. Kesalahan yang terjadi diduga berasal dari peneliti dalam pembuatan instrument angket kesadaran budaya. Instrument angket kesadaran budaya menggunakan kata-kata yang susah dimengerti oleh responden. 3) ada hubungan yang positif antara pemahaman sejarah lokal dan kesadaran budaya secara bersama-sama dengan sikap cinta tanah air pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Surakarta. Hal ini berdasarkan hasil analisis variansi regresi linier ganda (uji F) dihetahui bahwa bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 3591,746 > 3,00 dan signifikansi < 0>Kata kunci: Pemahaman Sejarah Lokal, Kesadaran Budaya, Sikap Cinta Tanah Air.

 

×
Penulis Utama : Umul Farida
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4413067
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Antara Pemahaman Sejarah Lokal dan Kesadaran Budaya dengan Sikap Cinta Tanah Air pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Sejarah - K4413067-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd
2. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
View My Stats