Penulis Utama : Prastya Kurniasih
NIM / NIP : K4412061
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hubungan antara pemahaman sejarah pergerakan nasional Indonesia dengan sikap bela negara pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Sumpiuh, Banyumas. 2) Hubungan antara kesadaran sejarah dengan sikap bela negara pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Sumpiuh, Banyumas. 3) Hubungan antara pemahaman sejarah pergerakan nasional Indonesia dan kesadaran sejarah secara bersama-sama dengan sikap bela negara pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Sumpiuh, Banyumas.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri Sumpiuh. Sampel diambil sebanyak 89 siswa dengan teknik simple random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui tes dan angket. Tes dan angket sebelumnya diuji cobakan dan di uji validitas serta reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji R2, dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) ada hubungan yang positif antara pemahaman sejarah pergerakan nasional Indonesia dan sikap bela negara pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Sumpiuh, Banyumas. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,058 > 1,663 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,043 dengan sumbangan relatif sebesar 5,87% dan sumbangan efektif 3,5%. 2) Ada hubungan yang positif antara kesadaran sejarah dengan sikap bela negara pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Sumpiuh, Banyumas. Hal ini berdasarkan analisis regresi uji linear berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 10,808 > 1,663 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan relatif sebesar 94,32% dan sumbangan efektif sebesar 57,7%. 3) Ada hubungan yang positif antara pemahaman sejarah pergerakan nasional Indonesia dan kesadaran sejarah secara bersama-sama dengan sikap bela negara pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Sumpiuh, Banyumas. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahul bahwa fhitung > ftabel, yaitu 65,136 > 3,103 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,602 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pemahaman sejarah pergerakan nasional Indonesia dan kesadaran sejarah terhadap sikap bela negara pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri Sumpiuh tahun ajaran 2015/2016 adalah sebesar 60,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci: Pemahaman Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia, Kesadaran Sejarah, Sikap Bela Negara

×
Penulis Utama : Prastya Kurniasih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4412061
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Antara Pemahaman Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia dan Kesadaran Sejarah Dengan Sikap Bela Negara Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Sumpiuh Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Sejarah-K.4412061-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd
2. Dr. Musa Pelu, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.