Penulis Utama : Sudrajat Arif Krisanjaya
NIM / NIP : S881602015
×

Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Menganalisis kebutuhan (define) SSP Geografi berbasis Alkitabiah untuk membentuk Christian Worldview peserta didik kelas XI IS SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019. (2) Merancang (design) perangkat SSP Geografi berbasis Alkitabiah untuk membentuk Christian Worldview peserta didik kelas XI IS SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019. (3) Mengembangkan (develop) perangkat SSP Geografi berbasis Alkitabiah untuk membentuk Christian Worldview peserta didik kelas XI IS SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan Research and Development (R & D) dengan model 4D (define, design, develop, and disseminate). Christian worldview diukur dengan instrumen angket Bible-based Integration (BBI). Subjek penelitian kelas XI IPS SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : (1) Kebutuhan (define) diperoleh dari pengamatan awal berupa observasi, wawancara dengan guru, serta menggunakan angket BBI untuk  mengidentifikasi christian worldview peserta didik, sehingga peneliti pada tahap ini memilih pendekatan Alkitabiah agar peserta didik dapat lebih melibatkan diri secara langsung dalam pembelajaran, sekaligus dapat melatih kemampuan penyelesaian masalah dari sisi agama. (2) Perancangan (design) Subject Specific Pedagody berbasis Alkibiah meliputi silabus, RPP, modul, LKS, serta instrumen penelitian. (3) Pengembangan (develop) SSP berbasis Alkitabiah melalui proses uji kelayakan dan keefektifan. Uji kelayakan SSP berbasis Alkitabiah telah melalui tahap validasi dan ujicoba baik terbatas maupun luas pada responden dan dinyatakan layak digunakan untuk pembelajaran di kelas XI IPS SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo. Untuk uji keefektifan SSP berbasis Alkitabiah dinyatakan efektif membentuk christian worldview peserta didik kelas XI IPS dengan skor thitung sebesar 2,02269 dan tTabel sebesar 1,3720 dengan dk = 22 berdasarkan hasil uji T, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan produk SSP berbasis Alkitabiah dan yang tidak menggunakan produk SSP dalam materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan untuk membentuk christian worldview peserta didik kelas XI IS.

 

×
Penulis Utama : Sudrajat Arif Krisanjaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881602015
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Subject Specific Pedagogy Geografi Berbasis Alkitabiah pada Materi Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan untuk Membentuk Christian Worldview (Kelas XI IS SMA Kristen Kalam Kudus Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Geografi-S881602015-2020
Kata Kunci : Subject Specific Pedagogy, Alkitabiah, christian worldview, pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwono, M.Pd.
2. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.