Penulis Utama : Trias Medita
NIM / NIP : K5413072
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengelolaan lingkungan hidup terhadap Sungai Pepe Kota Surakarta, (2) Mengetahui peran modal sosial dalam pengelolaan lingkungan terhadap Sungai Pepe Kota Surakarta dan (3) Menyusun modul pembelajaran dalam tema kajian peran modal sosial dalam pengelolaan lingkungan terhadap Sungai Pepe. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan wilayah administrasi sebagai unit analisisnya. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan spasial. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh penduduk di Kelurahan Sudiroprajan, Kelurahan Sewu dan Kelurahan Gandekan. Sampel terdiri dari masyarakat di Sungai Pepe.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, kuisioner dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Uji validitas data yang diterapkan yaitu triangulasi metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi (1) Analisis pengelolaan lingkungan hidup, dengan menggunakan teknik deskriptif. (2) Analisis peran modal sosial berdasarkan unsur dan dimensi modal sosial, dengan menggunakan teknik skoring.
Hasil penelitian menunjujjan bahwa (1) Sumber Daya Alam (SDA) yang dimanfaatkan oleh masyarakat  di Sungai Pepe berupa lahan dan tanaman. Belum ada kewajiban untuk mencegah pencemaran dan/ kerusakan lingkungan hidup maupun perlindungan SDA. Pihak yang mengawasi kegiatan pengelolaan lingkungan adalah masyarakat di Sungai Pepe dan Pemerintah Kota Surakarta. Peraturan untuk mengelola lingkungan sungai berupa peraturan tertulis dan peraturan tidak tertulis; (2) Modal sosial di Kelurahan Sudiroprajan tergolong tinggi (95,4) karena lingkungan sungai telah ditata oleh Pemerintah Kota Surakarta. Modal sosial di Kelurahan Sewu (80,6) dan Kelurahan Gandekan (75,3) tergolong sedang karena belum mengalami penataan di lingkungan Sungai Pepe;  (3) Hasil penelitian dapat digunakan sebagai bahan dalam penyusunan modul pembelajaran Geografi Kelas XI SMA pada materi pokok pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Kata Kunci : peran modal sosial, pengelolaan lingkungan hidup, sungai

×
Penulis Utama : Trias Medita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5413072
Tahun : 2018
Judul : Peran Modal Sosial Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup terhadap Sungai Pepe Kota Surakarta Tahun 2017 (Sebagai Suplemen pada Materi Pembelajaran Geografi Kelas XI SMA pada Materi Pokok Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Geografi-K5413072-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Yasin Yusup, M.Si.
2. Rahning Utomowati, S.Si, M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.