Penulis Utama : Sepdiananta Arta Dewa
NIM / NIP : E0012361
×

ABSTRAK


Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis Implementasi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah di Kota Surakarta dan menganalisis faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah di Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif melalui pendekatan kualitatif.  Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari  studi kepustakaan yaitu buku-buku, jurnal, arsip, tulisan ilmiah, majalah, sumber tertulis, literature, peraturan perundang-undangan, internet dan sumber-sumber tertulis lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumen, pengamatan, observasi dan wawancara.

Penelitian ini menggunakan teknik analisis dengan mengunakan pengelompokan dan menyeleksi data yang diperoleh dari lapangan kemudian dihubungkan dengan teori-teori, asas-asas dan kaidah-kaidah hukum yang diperoleh dari studi kepustakaan yang kemudian direduksi dab penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kota Surakarta belum sepenuhnya berjalan dengan baik yaitu tentang pendauran ulang sampah belum sepenuhnya bisa berjalan dengan optimal. Jumlah timbulan sampah dari tahun ke tahun masih mengalami kenaikan. 2) Hambatan dalam pelaksanaan implementasi pengelolaan sampah di Kota Surakarta belum adanya standart khusus dalam pembatasan jumlah timbulan sampah, selain itu masih terdapat banyak TPS yang belum memenuhi standart dari pemerintah.3) Belum ada divisi-divisi khusus dalam kegiatan pengurangan dan penanganan sampah sehingga implementasi pengelolaan sampah kurang optimal.4) Disposisi yang ada saat ini mengenai respon dan kognisi implementor sudah baik sedangkan komitmen aparat dalam menjalankan implementasi kebijakan belum sepenuhnya baik karena belum semua aparat dalam melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggungjawab, masih ada aparat yang tidak menggunakan waktu kerjanya disaat jam kerja. 5) Implementasi pengelolaan sampah di Kota Surakarta dapat berhasil apabila dikomunikasikan dengan baik. Dalam penyampaian informasi kepada masyarakat belum sepenuhnya bisa optimal. Hal ini dikarenakan sosialisasi yang dilakukan hanya satu tahun sekali itupun dilakukan oleh BLH (Badan Lingkungan Hidup) selain itu pemasangan baliho, poster ditempat-tempat umum belum sepenuhnya berjalan dengan baik.

Kata Kunci: Implementasi Perda, Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup.

 

×
Penulis Utama : Sepdiananta Arta Dewa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0012361
Tahun : 2019
Judul : Implementasi Perda No 3 Tahun 2010 Kota Surakarta Tentang Pengelolaan Sampah Di Kota Surakarta Dalam Rangka Pengelolaan Sampah Perkotaan Berkelanjutan (Studi Kasus Dinas Lingkungan Hidup Di Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0012361-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr.I.Gusti Ayu KRH, S.H., M.M.,
2. Dr. Lego Karjoko, S.H., M.H.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.