Penulis Utama : Toif Fadzoli
NIM / NIP : E0018389
×

ABSTRAK

TOIF FADZOLI. E0018389. 2023. Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Sragen Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah Di Kabupaten Sragen (Studi Kasus Dinas Lingkungan Hidup Di Kabupaten Sragen) Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Sragen Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Sragen dan menganalisis faktor yang menjadi penghambat dalam implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Sragen Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif dan melalui pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari studi kepustakaan yaitu buku, jurnal, arsip, tulisan ilmiah, majalah, literatur, peraturan perundang-undangan, internet dan sumber-sumber tertulis lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumen, pengamatan, observasi dan wawancara.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis dengan menggunakan pengelompokan dan menyeleksi data yang diperoleh dari lapangan kemudian dihubungkan dengan teori-teori, asas-asas dan kaidah-kaidah hukum yang diperoleh dari studi kepustakaan yang kemudian direduksi pada penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi kebijakan pengelolaan sampah di Kabupaten Sragen belum sepenuhnya berjalan dengan baik yaitu tentang pendauran ulang sampah belum sepenuhnya bisa berjalan dengan optimal. Jumlah timbulan sampah dari tahun ke tahun masih mengalami kenaikan. 2) Hambatan dalam pelaksanaan implementasi pengelolaan sampah di Kabupaten Sragen akibat belum adanya standar khusus dalam pembatasan jumlah timbulan sampah, selain itu masih terdapat banyak tempat pembuangan sampah yang belum memenuhi standar dari pemerintah Sragen. 3) Belum ada divisi khusus dalam kegiatan pengurangan dan penanganan sampah sehingga implementasi pengelolaan sampah kurang optimal. 4) Implementasi pengelolaan sampah di Kabupaten Sragen dapat berhasil apabila dikomunikasikan dengan baik. Dalam penyampaian informasi kepada masyarakat belum sepenuhnya bisa optimal. Hal ini dikarenakan sosialisasi yang dilakukan hanya satu tahun sekali itupun dilakukan oleh DLH (Dinas Lingkungan Hidup) selain itu pemasangan baliho dan poster ditempat-tempat umum belum sepenuhnya berjalan dengan baik.

×
Penulis Utama : Toif Fadzoli
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0018389
Tahun : 2023
Judul : IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN SRAGEN NOMOR 3 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI KABUPATEN SRAGEN (STUDI KASUS DINAS LINGKUNGAN HIDUP DI KABUPATEN SRAGEN)
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. Hukum - 2023
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Dinas Lingkungan Hidup; Implementasi Perda; Pengelolaan Sampah
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rahayu Subekti, S.H.,M.Hum
2. Dr. Waluyo, S.H.,M.si
Penguji : 1. Dr. Rosita Candra Kirana, S.H.,M.H.
2. Dr. Waluyo, S.H.,M.si
3. Dr. Rahayu Subekti, S.H.,M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.