Penulis Utama : Puput April S D
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0015322
Tahun : 2022
Judul : PERAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BANTUL DALAM PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK DI PANTAI SAMAS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Puput April Shangra Dewi. E0015322. 2022. PERAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BANTUL DALAM PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK DI PANTAI SAMAS. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul dalam Pengelolaan Sampah Plastik di Pantai Samas dan apa saja kendala yang dihadapi dalam pengelolaan sampah plastik di Pantai Samas.

Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode penulisan hukum empiris atau sosiologis yang bersifat deskriptif. Dengan Pendekatan Kualitatif, bahan hukum primer yang digunakan dalam penelitian ini berupa peraturan perundang- undangan yang berkaitan dengan pengelolaan sampah plastik di Pantai Samas serta bahan hukum sekunder yang digunakan berupa buku-buku hukum dan penelitian hukum yang relevan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis didalam penelitian hukum ini menggunakan studi kepustakaan, obeservasi dan pengamatan serta wawancara langsung dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul. Berdasarkan Penelitian dan Pembahasan dihasilkan kesimpulan yaitu Peran dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul dalam pengelolaan sampah plastik di Pantai Samas ialah belum cukup optimal serta dalam pengelolaan sampah di Pantai Samas terbilang masih jauh dari kata sempurna. Hal ini terjadi karena pada pelaksanaannya masih cukup banyak ditemui hambatan-hambatan dari berbagai aspek seperti: Aspek Peraturan yang belum tegas dalam menentukan pihak mana yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sampah di Pantai Samas; Aspek Teknis yang terbagi menjadi pemilihan/pewadahan, pengumpulan, pengangkutan, hingga pemrosesan akhir yang kurang efektif; dan Aspek Kesadaran Masyarakat yang masih terbilang rendah dalam kepeduliannya menjaga lingkungan Pantai Samas agar tetap bersih. Serta, tidak adanya Peraturan Daerah khusus yang mengatur tentang sampah di daerah pesisir Pantai.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
lampiran.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sapto Hermawan, S.H., M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum