Penulis Utama : Yunia Putri Setiyowati
NIM / NIP : K8415064
×

Penelitian ini membahas mengenai tindakan partisipasi yang dilakukan oleh Pasangan Usia Subur (PUS) pada pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB) di Kelurahan Tipes, pada tahun 2018 Kelurahan Tipes menjuarai sebagai kelurahan terbaik di Kota Surakarta dengan penilaian melalui program-program kelurahan, dimana program KB juga merupakan bagian dari program-program kelurahan tersebut dan saat ini masalah kependudukan menjadi masalah penting di Indonesia, dan cara terbaik untuk mencegah masalah tersebut semakin membesar yakni dengan cara menggalakkan lagi program KB, untuk itu peneliti tertarik dengan bagaimana bentuk partisipasi PUS terhadap program KB di Kelurahan Tipes.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji partisipasi dan persepsi PUS  terhadap pelaksanaan program KB.

Penelitian ini menggunakan teori Tindakan Sosial oleh Max Weber. Dari beberapa tipe teori tindakan sosial, penelitian ini masuk dalam tipe tindakan raisonal instrumental dan juga tipe tindakan raisonal nilai karena setiap tindakan oleh pasangan usia subur memalui proses perencanaan yang panjang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi kasus pendekatan. Sumber data yang digunakan adalah (1) sumber data primer dan (2) sumber data sekunder. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber (data). Teknik pengambilan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pasangan usia subur dalam memutuskan untuk mengikuti program pemerintah yaitu program Keluarga Berencana, harus melewati proses perencanaan yang panjang. Karena tidak hanya antara pasangan saja tetapi terdapat pula faktor luar (Bidan, Dokter, PLKB maupun Kader KB juga orang tua, keluarga, ataupun teman) yang ikut mempengaruhi hasil keputusan tersebut, baik keputusan dalam melakukan program keluarga berencana ataupun keputusan dalam memilih alat kontrasepsi yang akan digunakan. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat mengenai partisipasi PUS di Kelurahan Tipes, sehingga bagi pembaca yang belum melakukan KB termotivasi untuk segera mengikuti KB. Kemudian untuk Pendidikan Sosiologi-Antropologi diharapkan penelitian ini dapat menjadi sumbangan contoh pengetahuan mengenai teori Tindakan Sosial oleh Max Weber yang terdapat dalam mata kuliah Teori Sosiologi Klasik dan Modern.

Kata kunci : Keluarga Berencana (KB), Tindakan, Faktor Luar

 

×
Penulis Utama : Yunia Putri Setiyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8415064
Tahun : 2019
Judul : Partisipasi Pasangan Usia Subur (PUS) pada Pelaksanaan Program Keluarga Berencana di Kelurahan Tipes Kecamatan Serengan Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Sosiologi Antropologi-K8415064-2019
Kata Kunci : Keluarga Berencana (KB), Tindakan, Faktor Luar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.rer.nat. Nurhadi, S.Ant., M.Hum
2. Dr. Sigit Pranawa, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.