Penulis Utama : Muhammad Ary
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8716022
Tahun : 2019
Judul : Evaluasi Saluran Drainase Perumahan Josroyo Indah Rw 20 Bagian Timur Desa Jaten Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. Diploma III Teknik Sipil-I8716022-2019
Subyek : SALURAN DRAINASE, PERENCANAAN DRAINASE, EVALUASI SALURAN DRAINASE.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Air adalah unsur bagi keidupan umat manusia. Tetapi air juga dapat menjadi musuh dahsyat bagi manusia bila tidak ditata dengan baik sebagaimana dialami oleh banyak Negara di duinia ini, termasuk Indonesia. Drainase merupakan salah satu fasilitas dasar yang dirancang sebagai sistem guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan merupakan komponen penting dalam perencanaan kota (perencanaan infrastruktur khususnya). Drainase mempunyai arti mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. Secara umum, drainase didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan/atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal. Drainase juga diartikan sebagai usaha untuk mengontrol kualitas air tanah dalam kaitannya dengan salinitas. Drainase yaitu suatu cara pembuangan kelebihan air yang tidak diinginkan pada suatu daerah, serta cara-cara penangggulangan akibat yang ditimbulkan oleh kelebihan air tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari solusi dari permasalahan sistem saluran drainase di daerah RW 20 Bagian Timur Desa Jaten Kecamatan Jaten Kabupaten Karanganyar.

Dalam penelitian evaluasi saluran drainase ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan evaluatif. Langkah yang dilakukan adalah permohonan ijin, mencari data atau informasi, mengolah data dan yang terakhir penyusunan laporan.

Setelah dilakukan studi komparasi dengan kondisi saluran existing yang ada, Saluran Utama 1 (SU1) tidak memenuhi dan perlu dilakukan rehabilitasi dengan hasil perhitungan yang didapat yaitu saluran persegi ekonomis dengan lebar B = 0,5 m dan tinggi h = 0,6 m dengan biaya Rp 97.044.308.-. Sementara untuk Saluran Utama 2 (SU2) sampai dengan Saluran Cabang 14 (SC14) memenuhi dan cukup dilakukan pemeliharaan lebih lanjut.

Kata-kata kunci: Saluran Drainase, Perencanaan Drainase, Evaluasi Saluran Drainase.


 

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lemb Publikasi.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
PENUTUP.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Adi Yusuf Muttaqien, M. T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik