Penulis Utama : Slamet Tri Widodo
NIM / NIP : K7115165
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kemampuan menganalisis sumber energi melalui penerapan Model CTL dengan media diorama; dan (2) mendeskripsikan penerapan Model CTL dengan media diorama dapat meningkatkan kemampuan menganalisis sumber energi pada peserta didik kelas IV SD Negeri Triyagan 02 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019.

Bentuk penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik berjumlah 28 peserta didik terdiri dari 13 perempuan dan 15 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, teknik observasi atau pengamatan, teknik wawancara, dan teknik tes. Analisis data dilaksanakan dengan (1) analisis data kualitatif yaitu menggunakan model interaktif bersumber dari Miles dan Huberman; dan (2) analisis data kuantitatif yaitu menggunakan penghitungan rata-rata pada setiap siklus dan pengelompokkan kategori kemampuan menganalisis berdasarkan penilaian acuan normatif (PAN).

Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Ada peningkatan nilai kemampuan menganalisis sumber energi setelah dilaksanakan pada siklus II. Pada pratindakan, tingkat ketuntasan klasikal hanya sebesar 10,7% dengan nilai rata-rata 49,1. Pada siklus I, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 46,42% dengan nilai rata-rata 64,36. Pada siklus II, ketuntasan klasikal mencapai 82,14% dengan nilai rata-rata sebesar 77,43. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Contextual Teaching andLearning dengan media Diorama dapat meningkatkan kemampuan menganalisis sumber energi pada peserta didik kelas IV SD Negeri Triyagan 02 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019.

 

Kata kunci : Model Contextual Teaching andLearning, Media Diorama, Kemamampuan Menganalisis, Sumber Energi.

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style> <![endif]-->

×
Penulis Utama : Slamet Tri Widodo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115165
Tahun : 2019
Judul : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS SUMBER ENERGI MELALUI PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGDENGAN MEDIA DIORAMA (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Triyagan 02 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7115165-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sandra Bayu Kurniawan, S.Pd., M.Pd
2. Dr. Sukarno, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.