Penulis Utama : Wahyu Sulistyo Aji
NIM / NIP : K7115188
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada peserta didik kelas V SD Negeri Laweyan No. 54 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Model pembelajaran CIRC dikembangkan khusus untuk pembelajaran bahasa ini efektif untuk memecahkan masalah yang dihadapi guru dan peserta didik. Model pembelajaran ini menggabungkan aktivitas membaca serta menulis secara berkelompok yang diharapkan peserta didik dapat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama dua siklus dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) telah meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik kelas penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) V di SD Negeri Laweyan No. 54 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Skor rata-rata setiap aspek keterampilan menulis narasi peserta didik telah meningkat, dari 11,47 pada pretest, kemudian setelah tindakan dengan menerapkan CIRC menjadi 13,56 pada siklus I, 80,11 pada siklus II dan termasuk kategori terampil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keterampilan menulis narasi peserta didik kelas V SD Negeri Laweyan No. 54 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 meningkat melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).

Kata kunci: karangan narasi, keterampilan menulis, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).

 

×
Penulis Utama : Wahyu Sulistyo Aji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115188
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia (Penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas V SD Negeri Laweyan NO.54 Surakarta tahun ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Guru Sekolah Dasar-K7115188-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. M. Ismail Sriyanto, M. Pd,
2. Dr. Chumdari, M. Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.