Penulis Utama : Yoda Hari Kristiawan
NIM / NIP : K7115191
×

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis kembali cerita nonfiksi pada peserta didik kelas IV SD N 2 Tanduk Ampel Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui metode Cooperative Integrated Reading and Composition. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD N 2 Tanduk Ampel Boyolali yang berjumlah 26 peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes kemampuan menulis kembali cerita nonfiksi dan teknik observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik. Analisis data menggunakan analisis diskriptif komparatif untuk hasil tes kemampuan menulis kembali cerita nonfiksi dan analisis kritik untuk hasil observasi guru dan peserta didik.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa metode Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kemampuan menulis kembali cerita nonfiksi pada peserta didik kelas IV SD N 2 Tanduk Ampel Boyolali. Dibuktikan dengan hasil rata-rata evaluasi peserta didik secara klasikal yang mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus 2. Pada Siklus 1 dari 26 peserta didik  yang mendapat nilai ? 70  sebanyak  11 peserta didik (42,31 %) dan yang < 70>

Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition, Kemampuan menulis kembali, cerita nonfiksi, sekolah dasar

 

×
Penulis Utama : Yoda Hari Kristiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115191
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Kemampuan Menulis Kembali Teks Nonfiksi Melalui Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 2 Tanduk Boyolali Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - F. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7115191 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Retno Winarni, M.Pd.
2. Fadhil Purnama Adi, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.