Penulis Utama : Diana Khusnul Khotimah
NIM / NIP : K7116041
×

Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Karangasem I No. 61, Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 34. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data yaitu pengamatan, wawancara mendalam, tes, dan dokumentasi serta menerapkan teknik analisis validitas isi, triangulasi teknik, dan triangulasi sumber. Data dianalisis menggunakan teknik analasis interaktif Miles dan Hubberman.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa impelementasi model pembelajaran Coopeative Script dapat meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok. Hal tersebut dapat dilihat pada pratindakan penelitian menunjukan ketuntasan klasikal sebesar 23.53%. Kemudian, setelah menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Script pada siklus I 18 dari 34 peserta didik lolos (52.94%) dan pada siklus II 28 dari 34 peserta didik lolos (82.35%). Selain peningkatan pada kemampuan menemukan ide pokok, peningkatan juga terlihat pada observasi aktivitas peserta didik dan penilaian kinerja guru. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok pada peserta didik kelas V SD Negeri Karangasem I No. 61 Surakarta tahun ajaran 2019/2020.</p>

Kata Kunci    : kemampuan menemukan ide pokok, model pembelajaran copertive script</p>

×
Penulis Utama : Diana Khusnul Khotimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116041
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Kemampuan Menemukan Ide Pokok dalam Teks Wacana Melalui Model Cooperative Script pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Karangasem I Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - FKIP Prog. Studi PGSD - K7116041 - 2020
Kata Kunci : kemampuan menemukan ide pokok, model pembelajaran copertive script
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum,
2. Drs. Tri Budiharto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.