Penulis Utama : Rivenski Mia Abdini
NIM / NIP : K7115151
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas V SD Negeri Karangasem IV No. 204 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Alternatif yang digunakan yaitu melalui penggunaan model pembelajaran Cooperative Script. Hal ini dikarenakan model pembelajaran Cooperative Script  memiliki langkah pembelajaran yang cocok untuk menunjang kemampuan membaca pemahaman.

Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas V SD Negeri Karangasem IV No. 204 Kecamaran Laweyan Kota Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Prosedur penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2  pembelajaran. Setiap siklus dalam penelitian ini memiliki 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, tes kemampuan membaca pemahaman, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan pada penelitian ini yaitu validitas isi, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data Kualitatif pada penelitian ini dianalisis menggunakan model analisis interaktif (model Miles dan Huberman), sedangkan data kuantitatif pada penelitian ini dianalisis menggunakan model deskriptif komaparatif.

Hasil dari penelitian ini adalah nilai rata-rata klasikal dari tes kemampuan membaca pemahaman peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II. Rata-rata klasikal dari siklus I adalah 73,41 dengan persentase kentuntasan klasikal sebesar 59,4%, nilai rata-rata tersebut meningkat menjadi 79,84 dengan persentase kentuntasan klasikal sebesar 84,4% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V SD Negeri Karangasem IV No. 204 Surakarta tahun ajaran 2018/2019.

 

Kata Kunci: Kemampuan Membaca Pemahaman, Model Pembelajaran Cooperative Script, Sekolah Dasar

 

<!--[if !mso]> <style> v\:* {behavior:url(#default#VML);} o\:* {behavior:url(#default#VML);} w\:* {behavior:url(#default#VML);} .shape {behavior:url(#default#VML);} </style> <![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-fareast-language:EN-US;} </style> <![endif]-->

×
Penulis Utama : Rivenski Mia Abdini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115151
Tahun : 2019
Judul : Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Karangasem IV No. 204 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Guru Sekolah Dasar-K7115151-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.,
2. Dra. Yulianti, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.