Penulis Utama : Muhammad Zulfa A. A. A.
NIM / NIP : D1213081
×

Kesadaran akan fungsi peraturan lalu lintas secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi perilaku masyarakat di jalan yang berdampak pada ketertiban dan keamanan lalu lintas. Dalam perkembangan sistem keamanan untuk mengurangi kecelakaan bagi pejalan kaki yang menyeberang kini telah diciptakan pelican crossing. Alat ini merupakan fasilitas penyeberangan yang mengadaptasi cara kerja lampu rambu biasa untuk mengatur lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki yang dilengkapi dengan tombol penyeberangan.
Unsur kebaruan yang ada pada konsep Pelican Crossing menuntut adanya transmisi pengetahuan baru kepada para penggunanya baik pengendara atau pejalan kaki. Joseph R. Dominick menganggap sosialisasi sebagai fungsi komunikasi massa yang juga merupakan transmisi nilai-nilai (transmission of values) yang mengacu pada cara-cara dimana seseorang mengadopsi perilaku dan nilai-nilai dari suatu kelompok. Komunikasi melalui program sosialisasi fasilitas penyeberangan Pelican Crossing dari Dinas Perhubungan diadakan dengan tujuan memberikan dampak kognitif, afektif dan behavioral bagi komunikan atau sasaran sosialisasi Dishubkominfo.
Penelitian ini mengevaluasi dampak sosialisasi Dishubkominfo melalui survey terhadap sample yang ditentukan melalui metode Quota Sample dan melakukan analisis statistk terhadap frekuensi relatif pada data.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat awareness yang baik pada mayoritas dari seluruh responden, baik pengendara maupun pejalan kaki, didapat dari pengalaman responden di jalan ketika mereka memanfaatkan atau bersinggungan dengan fasilitas ini, bukan melalui program sosialisasi dari Dishubkominfo. Persepsi keseluruhan responden baik atas alat ini juga sudah baik karena bagi mereka pelican crossing dianggap memberikan rasa aman dan nyaman ketika menyeberang jalan dan berkendara. Kesenjangan yang terjadi terhadap tingkat kepatuhan pengguna jalan berakar dari fungsi ganda yang berseberangan pelican crossing sebagai sebuah fasilitas penyeberangan bagi pejala kaki dan rambu peringatan lalu-lintas bagi pengendara.
 
Kata kunci: sosialisasi; pelican crossing; awareness

×
Penulis Utama : Muhammad Zulfa A. A. A.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1213081
Tahun : 2018
Judul : Sosialisasi pelican crossing (studi evaluasi sosialisasi pelican crossing oleh dinas perhubungan komunikasi dan informatika Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1213081-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Ismi Dwi Astuti N., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.