Penulis Utama : Yeni Hindrawati
NIM / NIP : F1117062
×

       Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Penganguran, Inflasi, dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013-2017. Teknik pengambilan data dari Badan Pusat Statistik dengan menggunakan data time series selama lima tahun yaitu dari tahun 2013-2017 dan data cross section sebanyak 35 data dan jenis data time series. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel dengan menggunakan Random Effect Model dengan menggunakan metode Generalized Least Squares (GLS).

       Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan ekonomi, inflasi dan indeks pembangunan manusia berpengaruh negatif dan signifikan,  sedangkan pengangguran berpengaruh positif signifikan di Provinsi Jawa Tengah tahun 2013-2017. Hasil ini sesuai dengan hipotesis dan teori yang menjadi landasan dari penelitian ini.

       Pemerintah daerah diharapkan mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi untuk menurunkan tingkat kemiskinan. Cara yang dapat dilakukan dalam menekan angka pengangguran sehingga tidak menimbulkan angka kemiskinan naik yaitu dengan menciptakan lapangan kerja baru serta melakukan pelatihan kerja sehingga akan mengurangi angka kemiskinan. Untuk menurunkan inflasi bisa dengan cara menjaga jumlah uang yang ada di pasar dan mengendalikan permintaan pasar akan barang dan jasa agar konsumsi masyarakat tetap terkendali. Pemerintah dapat memberi bantuan apabila harga yang bisa memicu inflasi dengan memberi bantuan seperti operasi pasar murah yang memudahkan masyarakat membeli bahan bahan pangan dengan harga murah. Cara yang dapat dilakukan pemerintah untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia yaitu dengan meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan standar hidup layak bagi masyarakat miskin.

Kata kunci: Kemiskinan Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran, Inflasi, Indeks Pembangunan Manusia.

 

×
Penulis Utama : Yeni Hindrawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1117062
Tahun : 2019
Judul : Analisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, pengangguran, inflasi, dan indeks pembangunan manusia terhadap kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah tahun 2013-2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog Studi Ekonomi Pembangunan-F1117062-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supriyono, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.