Penulis Utama : Zein Bastian A.p.
NIM / NIP : E0011344
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dalam pelaksanaan pemilihan perangkat Desa Sendang dan hambatan saat pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 19 Tahun 2016 di Desa Sendang Kabupaten Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif yakni suatu metode penelitian yang menghasilkan data deskriptif analitis yaitu apa yang dinyatakan oleh responden secara tertulis atau lisan dan juga perilakunya yang nyata, yang diteliti dan dipelajari sebagai sesuatu yang utuh. Jenis daya yang dipergunakan meliputi data primer serta data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian dalam pembahasan bahwa implementasi pelaksanaan pemilihan perangkat Desa Sendang berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Wonogiri Nomor 19 Tahun 2016 sudah dilaksanakan di Kabupaten Wonogiri berjalan tertib dan baik. Pengisian dua jabatan perangkat desa yaitu Kepala Urusan Umum dan Perencanaan serta Kepala Seksi Kesejahteraan dilaksanakan oleh Panitia Pengisian Perangkat Desa. Permasalahan yang muncul yang dikarenakan kurangnya sosialisasi Peraturan Daerah sehingga pemerintahan desa kurang mempunyai pengetahuan mengenai proses yang harus dilakukan dalam pengisian perangkat desa. Terbatasnya pengetahuan pemerintah desa dalam mensosialisasikan kepada masyarakat membuat masyarakat takut atau segan menjadi panitia pengisian perangkat desa seperti yang terjadi di Desa Sendang.
Kata kunci: kesesuaian , pemilihan perangkat desa, Peraturan Daerah Nomor 19 Tahun 2016

 

×
Penulis Utama : Zein Bastian A.p.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0011344
Tahun : 2019
Judul : Pelaksanaan peraturan daerah kabupaten Wonogiri nomor 19 tahun 2016 terkait dengan pemilihan perangkat desa di desa sendang kecamatan Wonogiri kabupaten Wonogiri (studi di desa sendang, Kecamatan Wonogiri, kabupaten Wonogiri)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Prog studi Ilmu Hukum/Ilmu Hukum-E0011344-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suranto, SH.,M.H.
2. M. Madalina, S.H., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.