Penulis Utama : Suci Ati
NIM / NIP : D0210113
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi E-Mail Blast dan SMS Blast sebagai media baru menjadi media promosi Public Relations Aston Hotel Solo. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan sistem pengumpulan data bekerja secara simultan dan sistematis. Data yang diambil hanya data mengenai penelitian ini saja, mulai dari pengumpulan data yang kemudian diolah yang akan dideskripsikan secara kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian untuk melihat apa yang terjadi pada mata pelajaran yang dipelajari mulai dari perilaku, persepsi, dan motivasi. Objek penelitian ini adalah proses kampanye Pemasaran dan Humas dengan menggunakan media online bernama E-mail Blasting milik media baru / media baru. Teknik analisis ini memiliki tiga analisis komponen terhadap tiga arus kegiatan yang terjadi bersamaan: reduksi data, penyajian data dan verifikasi (menyimpulkan bahwa berinteraksi sebagai siklus proses).

Hasil penelitian dapat dilihat dari Strategic Public Relations untuk meningkatkan pelanggan, komunikasi dengan pelanggan digunakan untuk meningkatkan kunjungan pelanggan salah satunya dengan ledakan E-Mail dan SMS. SMS Blast sangat efektif untuk memberikan informasi kepada orang-orang di luar kota Solo atau Solo sesuai dengan target pasar yang diharapkan. Materi SMS Blast adalah promo spesial harga ruang pre opening periode. Strategi pemasaran yang dijalankan Aston Solo Hotel dengan menggunakan SMS akan dijaga oleh penerimanya (customer) bisa dijadikan bukti Aston Hotel Solo untuk mendapatkan harga diskon. Strategi pemasaran ini sebagai strategi promo yang bisa menerapkan jangka waktu lama. E-Mail Blast dan SMS Blast silakukan melalui strategi promosi yang telah direncanakan. Pelanggan melalui E-Mail Blast dan SMS Blast akan mendapatkan update terbaru tentang promo di hotel. Sedangkan untuk Aston Hotel Solo bisa memilih target pasar sesuai dengan kategori usia, jenis kelamin, dan lain-lain. Beberapa kendala yang bisa dijadikan kendala dalam menerapkan strategi E-Mail Blast dan SMS Blast antara lain: a) SMS yang dikirim keliru untuk spam oleh pelanggan, b) kurangnya infrastruktur sehingga manajemen menjadi tanggung jawab penyedia kerja sama dengan hotel, c) Nomor telepon pelanggan database tidak dikelola dengan baik, e) kendala / rintangan non teknis (keterbatasan desain dan karakter yang digunakan sehingga kurang menarik), dan f) waktu SMS Blast tidak dapat dijadwalkan tepat waktu.

Kata kunci: Strategi, Ledakan E-mail, SMS Blast, E-Public Relations

×
Penulis Utama : Suci Ati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0210113
Tahun : 2017
Judul : Strategi e-mail blast dan SMS blast dalam e-public relations (studi deskriptif kualittaif tentang penggunaan e-mail blast dan SMS blast sebagai media promosi dalam berbuhungan e-public relations di Aston Hotel Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0210113-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Widodo Muktiyo
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.