Penulis Utama : Fajar Nugrahadi
NIM / NIP : E0012141
×

Penelitian ini mengkaji permasalahan mengenai kesesuaian alasan permohonan kasasi oleh Penuntut Umum dan pertimbangan Hakim dalam memutus perkara penipuan dengan ketentuan KUHAP pada putusan Mahkamah Agung Nomor : 464 K/PID/2015. Penelitian normatif yang bersifat perskriptif dan terapan adalah jenis yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan bahan hukum dalam penulisan hukum ini menggunakan teknik studi kepustakaan. Teknik analisis bahan hukum yang digunakan adalah metode deduksi silogisme.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permohonan kasasi yang diajukan oleh Penuntut Umum terhadap putusan lepas dari segala tuntutan hukum berdasarkan judex facti salah menerapkan hukum dalam perkara penipuan sudah sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam Pasal 253 Ayat (1) huruf a KUHAP. Pertimbangan Hakim Mahkamah Agung dalam mengabulkan permohonan kasasi terhadap putusan lepas dari segala tuntutan hukum dalam perkara penipuan tersebut telah sesuai dengan Pasal 256 Jo Pasal 193 Ayat (1) KUHAP. Hakim Mahkamah Agung mengabulkan permohonan kasasi sehingga membatalkan putusan Pengadilan Negeri Airmadidi Nomor 54/Pid.B/2014/PN.Arm dan menjatuhkan sanksi pidana pada Terdakwa.
Kata kunci : Kasasi, Penuntut Umum, Putusan Pengadilan, Penipuan

×
Penulis Utama : Fajar Nugrahadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0012141
Tahun : 2017
Judul : Permohonan kasasi penuntut umum terhadap putusan lepas dari segala tuntutan hukum berdasarkan judex facti salah menerapkan hukum dalam perkara penipuan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum -E0012141- 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Edy Herdyanto, SH., MH
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.