Penulis Utama : Ridwan Tri Hamdani
NIM / NIP : F3513060
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh pekerja menjelang masa pensiunnya hingga menjadi seorang pensiunan untuk kaitannya dalam pengambilan dana pensiun di Bank BTPN Cabang Surakarta,  (2) mengetahui prosedur pengambilan dana pensiun di Bank BTPN Surakarta, (3) mengetahui hambatan-hambatan yang berpotensi terjadi pada Bank BTPN Surakarta dan cara menanganinya, (4) mengetahui keunggulan dan kemanfaatan pengambilan dana pensiun pada Bank BTPN Surakarta.
Teknik pembahasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembahasan deskriptif. Sedangkan data yang digunakan adalah data primer dari hasil wawancara langsung dengan Bapak Bekjo Purnomo selaku Supervisor Kredit, observasi dan data tertulis dari Bank BTPN Surakarta.
Berdasarkan data yang dapatkan, penulis mengetahui persyaratan dan prosedur pengambilan dana pensiunan mulai dari calon pensiunan hingga menjadi pensiunan, selain itu penulis juga mengetahui bahwa Bank BTPN Surakarta memiliki keunggulan dan kemanfaatan dalam pembayaran dana pensiun daripada bank lain. Penulis juga mengetahui bagaimana bank BTPN bertindak dalam mengatasi hambatan-hambatan yang mungkin terjadi dalam perusahaan.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan oleh penulis pada saat melakukan magang, penulis mengetahuibahwa mekanisme atau prosedur pengambilan dana pensiun di Bank BTPN tidaklah sulit, namun untuk pengambilan gaji pensiun sedikit lebih rumit dalam pengurusannya. Hambatan-hambatan yang mungkin terjadi pada Bank BTPN meliputi hambatan dari dalam (karyawan) dan dari luar perusahaan (nasabah). Berdasarkan kesimpulan tersebut penulis memberikan saran untuk meringkas proses kaitannya pengurusan dana pensiun untuk dibuat lebih mudah. Untuk mengatasi hambatan dari dalam perusahaan hendaknya diberikan pelatihan khusus pada karyawan kaitannya dalam melayani nasabah. Juga untuk mengatasi hambatan dari luar perusahaan (nasabah) hendaknya dalam memberikan informasi mengenai Bank BTPN hendaknya dengan berhadapan langsung dengan nasabah karena mayoritas nasabah yang sudah berumur susah dalam memahami pembicaraan.

Kata Kunci : Mekanisme, Keunggulan, Dana Pensiunan

 

×
Penulis Utama : Ridwan Tri Hamdani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3513060
Tahun : 2017
Judul : Mekanisme, keunggulan dan kemanfaatan pembayaran dana pensiunan nasional BTPN kantor cabang Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Prog. DIII Manajemen Bisnis-F3513060-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wahyu Trinarningsih, SE, MM, MA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.