Penulis Utama : Empratikta Zulpicha
NIM / NIP : S251708008
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji model Keberlangsungan Usaha yang dipengaruhi oleh Pendapatan, Pendidikan, Modal Sosial dan Partisipasi dalam Kegiatan Kelompok Tani di Desa Selo Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Peneliti mengunakan teori status sosial, modal sosial dari Bourdieu, teori partisipasi dan teori moral ekonomi petani.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuntitatif dengan metode survei. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan didukung data dari pemerintah Desa Selo. Subyek penelitian adalah petani sayuran di Desa Selo, populasi dalam penelitian ini berjumlah 584 responden dengan sampel berjumlah 123 responden dengan tingkat kesalahan 8%. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis jalur. Keabsahan data dapat diperoleh melalui validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Pendapatan terhadap Keberlangsungan Usaha yaitu sebesar 8,3%. Ada pengaruh Modal Sosial terhadap Keberlangsungan Usaha yaitu sebesar 12,8%. Tidak ada pengaruh Pendapatan terhadap Partisipasi dalam Kegiatan Kelompok Tani. Tidak ada pengaruh Pendidikan terhadap Partisipasi dalam Kegiatan Kelompok Tani. Ada pengaruh Modal Sosial terhadap Partisipasi dalam Kegiatan Kelompok Tani yaitu sebesar 21%. Tidak ada pengaruh Partisipasi dalam Kegiatan Kelompok Tani terhadap Keberlangsungan Usaha. Sedangkan secara bersama-sama ada pengaruh antara Pendapatan, Pendidikan, Modal Sosial dan Partisipasi dalam Kegiatan Kelompok Tani terhadap Keberlangsungan Usaha yaitu sebesar 22,5%.

Kata Kunci : Keberlangsungan Usaha, Pendidikan, Pendapatan, Partisipasi dan Modal Sosial

×
Penulis Utama : Empratikta Zulpicha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S251708008
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Pendapatan, Pendidikan, Modal Sosial dan Partisipasi dalam Kegiatan Kelompok Tani terhadap Keberlangsungan Usaha Petani Sayuran di Desa Selo Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Sosiologi-S251708008-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yulius Slamet, M.Sc., Ph.D.
2. Prof. Dr. Mahendra Wijaya, MS.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.