Penulis Utama : Zannuar Pusdika E. A.
NIM / NIP : E0013431
×

ABSTRAK
Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
Skripsi ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama apa penyebab kredit macet dengan jaminan hak tanggungan di BPR BKK Purwodadi Cabang Tegowanu dapat terjadi. Kedua, bagaimana upaya yang dilakukan PD BPR BKK Purwodadi Cabang Tegowanu dalam menyelesaikan kredit macet dengan jaminan hak tanggungan. Untuk menjawab permasalahan maka dilakukan pengkajian terhadap kasus yang pernah terjadi untuk mencapai rumusan dalam penelitian ini.
Skripsi ini merupakan penelitian hukum empiris bersifat deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis data primer diperoleh langsung dari lokasi penelitian di PD BPR BKK Purwodadi Cabang Tegowanu, data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Sumber data primer diperoleh melalui Bapak Suwarto selaku Pimpinan Cabang PD BPR BKK Purwodadi Cabang Tegowanu. Sumber data sekunder diperoleh dari bahan dokumen, peraturan perundang-undangan, laporan, arsip, literatur yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dengan interaktif model.
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa penyebab kredit macet dengan jaminan hak tanggungan di PD BPR BKK Purwodadi Cabang Tegowanu terjadi akibat faktor dari debitor, kreditor dan faktor lain di luar kedua faktor tersebut. Dalam pelaksanaan penyelesaian kredit macet PD BPR BKK Purwodadi Cabang Tegowanu lebih mengutamakan melalui jalur non litigasi apabila dari jalur non litigasi tidak berhasil maka dalam pelaksanaannya dilakukan penyelesaian kredit macet melalui jalur litigasi yang disesuaikan dengan pelaksanaan Undang-Undang Hak Tanggungan.
Kata Kunci: Pelaksanaan, Perjanjian Kredit, Kredit Macet, Hak Tanggungan

×
Penulis Utama : Zannuar Pusdika E. A.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013431
Tahun : 2017
Judul : Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 Tentang Hak Tanggungan Atas Tanah Beserta Benda-Benda Yang Berkaitan dengan Tanah dalam Penyelesaian Kredit Macet Di Pd Bpr Bkk Purwodadi Cabang Tegowanu
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Jur. Hukum-Zannuar Pusdika E. A.-E0013431-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Moch Najib Imanullah S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.