Penulis Utama : Kharis Pramono
NIM / NIP : D1216032
×

Semakin banyak industri sablon di Indonesia dikarenakan modal relatif  kecil  tidak membutuhkan tempat besar dan strategis dalam menjalankan usaha menjadikan banyak peluang bagi siapa saja termasuk karyawan di perusahaan sablon itu sendiri. Untuk itu PPCP Indoprint menerapkan komunikasi yang baik  antara pemimpin dan kayawan  dalam  budaya organisasi untuk  membangun komitmen  kerja, karena kayawan mempunyai pengaruh besar dalam berjalannya perusahaan.

Lokasi penelitian dilakukan di PPCP Indoprint, jalan Pattimura No.57, Serengan, Surakarta, penelitian bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi organisasi seperti apa yang digunakan oleh perusahaan dalam  menjalankan usahanya ditengah pesatnya perkembangan usaha sejenis dan  kemudahan dalam membangun bidang usaha tersebut.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penilitian  deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi yang diperoleh dari lokasi penelitian. Teknik analisi data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Kesimpulan dari hasil yang diperoleh adalah adanya pola  komunikasi rantai yang mana pimpinan yang ingin menyampaikan informasi kepada karyawan tidak secara langsung, melainkan jajaran direksi, dilanjutkan kepada kepala divisi, dan selanjutnya kekaryawan, pola komunikasi tersebut sudah berjalan baik, namun ada yang perlu diperhatikan yaitu pimpinan harus lebih banyak berkomunikasi dengan pegawai baik dalam bentuk formal maupun nonformal.

Kata Kunci: Pola Komunikasi Organisasi, Pemimpin, Karyawan, Loyalitas

 

×
Penulis Utama : Kharis Pramono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1216032
Tahun : 2019
Judul : Analisis pola komunikasi di PPCP (passion professional courage progress ) indoprint Solo ( studi deskriptif kualitatif tentang pola komunikasi organisasi antara pemimpin dengan karyawan dalam membangun loyalitas kerja di PPCP Indoprint Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Studi Ilmu Komunikasi-D1216032-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aryanto Budhy Sulihyantoro M.Si.
2. Dr. Sutopo JK, M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.