Penulis Utama : Nabil Safar
NIM / NIP : E0012269
×

ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui argumentasi penuntut umum yang mengajukan kasasi berdasarkan alas an berat ringannya pidana yang dijatuhkan judex facti dalam perkara kekerasan seksual pada anak serta untuk mengetahui dasar pertimbangan hakim yang mengabulkan permohonan kasasi dari penuntut umum.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yang bersifat preskriptif dan terapan.Sumber bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hokum sekunder, dengan cara studi pustaka/dokumen, teknik analisis bahan hokum menggunakan metode silogisme dan interpretasi dengan menggunakan pola berpikir deduktif, dari pengajuan premis mayor dan premis minor saling dihubungkan untuk ditarik konklusi.
    Dalam penelitian telah diketahui bahwa alasan pengajuan kasasi yang dilakukan penuntut umum adalah karena alasan berat ringannya pidana yang dijatuhkan judex facti dimana pengadilan negeri memutus pidana lebih tinggi dibandingkan pengadilan tinggi, namun apakah hal tersebut telah sesuai dengan ketentuan Pasal 253 KUHAP (KitabUndang-UndangHukumAcaraPidana). Dan juga apakah dasar pertimbangan hakim yang tidak menyatakan judex facti salah menerapkan hokum telah sesuai dengan Pasal 256 KUHAP.
Kata kunci :Argumentasi Hukum, Upaya hokum Kasasi, kekerasan seksual pada anak

 

×
Penulis Utama : Nabil Safar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0012269
Tahun : 2017
Judul : Argumentasi Penuntut Umum Mengajukan Kasasi Berdasarkan Alasan Berat Ringannya Pidana yang Dijatuhkan Judex Facti dalam Perkara Kekerasan Seksual pada Anak (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor : 1655 K/Pid.sus/2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum, Prodi. Ilmu Hukum- ME0012269-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bambang Santoso S.H.,M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.