Penulis Utama : Auliya Gagah Kusuma Khalillurrahman
NIM / NIP : B3216011
×

Desa Wisata Sumberbulu di Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar merupakan desa wisata yang menjual produk wisatanya yang berupa kearifan lokal dalam bentuk susunan paket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penyusunan paket wisata, yang berorientasi dalam  memaksimalkan kepuasan dan intensitas kedatangan wisatawan dari segi keefektifan paket serta tingkat kepuasan wisatawan terhadap kegiatan dan aktivitas dalam paket wisata Desa Wisata Sumberbulu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dengan mengamati dalam kegiatan yang dilakukan wisatawan di Desa Wisata Sumberbulu. Selain itu teknik wawancara kepada ketua dan wakil ketua POKDARWIS Desa Wisata Sumberbulu untuk mendapat data dan informasi.
Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan mengenai efektifitas media-media pemasaran yang digunakan oleh POKDARWIS Desa Wisata Sumberbulu guna memasarkan paket wisata Desa Wisata Sumberbulu agar mampu meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Desa Wisata Sumberbulu.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemasaran paket wisata edukasi di Desa Wisata Sumberbulu sudah cukup baik, akan tetapi pihak pengelola belum mampu menggunakan media pemasaran yang tersedia dengan cukup maksimal, seperti media sosial, media cetak, dan menggandeng beberapa media partner di Solo, dan POKDARWIS Desa Wisata Sumberbulu juga merasa bahwa masih terdapat kurangnya kerja sama antara warga Sumberbulu dengan POKDARWIS dalam memasarkan paket wisata. Solusi yang didapatkan yaitu meningkatkan kerjasama antara warga Sumberbulu dengan POKDARWIS yaitu dengan cara memberikan serangkaian pelatihan khusus kepada masyarakat dengan tema pemandu wisata budaya dan wisata sejarah, serta mengadakan pertemuan rutin 1 bulan sekali dengan pembahasan mengenai keluhan wisatawan seperti kurang ramahnya pemandu wisata.</p>

Kata kunci : paket wisata, desa wisata, wisatawan</p>

 </p>

×
Penulis Utama : Auliya Gagah Kusuma Khalillurrahman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3216011
Tahun : 2020
Judul : Pemasaran Paket Wisata Edukasi Desa Wisata Sumberbulu, Mojogedang, Karanganyar dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS - F.Ilmu Budaya Prog Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata
Kata Kunci : paket wisata, desa wisata, wisatawan
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Wijayanto, S.ST.Par., M.M Par.
2. Tomy Agfianto, M.Par.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.