Penulis Utama : Ulfaniyah
NIM / NIP : D1217042
×

Korean Wave atau Hallyu merupakan kebudayaan pop culture yang berasal dari Republik Korea Selatan atau dapat dikatakan bahwa Hallyu merupakan gambaran produk-produk popular dari Korea Selatan. Produk-produk yang dimaksud antara lain musik yang mencakup boy band, girl band, group band, rapper, drama, film, varity show, talk show dll. Saat ini penggemar Hallyu atau Korean Wave semakin hari semakin bertambah, jumlahnya mencapai 89 juta orang di 113 negara. Banyak komunitas-komunitas penggemar Korea yang terbentuk dan banyak pula penikmat serial drama Korea.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan media dan lingkungan sosial terhadap gaya hidup anggota komunitas Bangtan Sonyeondan (BTS) Jogja yang telah diuji dan terbukti dapat diterima kebenarannya. Sampel pada penelitian ini sebanyak 67 orang dengan teknik sampel acak sederhana.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden melalui media google form dan mengumpulkannya kembali. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda. Sebelum data diregresikan terlebih dahulu di uji keterikatan antar variabel. Data diuji menggunakan uji normalitas dan linearitas data. Untuk mengetahui pengaruh terpaan media dan lingkungan sosial terhadap gaya hidup digunakan rumus koefisien determinasi (R2).
Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linear berganda yaitu Y=6,009+0,384X_1+0,593X_2. Di mana koefisien Variabel terpaan media mempengaruhi gaya hidup sebesar 0,384 dengan nilai t_hitung>t_tabel yaitu 2,762>1,998 pada taraf signifikansi 5%. Koefisien variabel lingkungan sosial mempengaruhi gaya hidup sebesar 0,593 dengan nilai t_hitung>t_tabel yaitu 6,447>1,998 pada taraf signifikansi 5%. Terpaan media dan lingkungan sosial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap gaya hidup anggota komunitas Bangtan Sonyeondan (BTS) Jogja dengan nilai F_hitung=37,556>F_tabel=3,14 pada taraf signifikansi 5%.


Kata Kunci: Terpaan Media, Lingkungan Sosial, Gaya Hidup.

×
Penulis Utama : Ulfaniyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1217042
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Terpaan Media dan Lingkungan Sosial terhadap Gaya Hidup Anggota Komunitas Bangtan Sonyeondan (BTS) Jogja
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2020
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Program Studi Ilmu Komunikasi-D1217042-2020
Kata Kunci : Terpaan Media, Lingkungan Sosial, Gaya Hidup.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tanti Hermawati, S.Sos, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.