Penulis Utama : Ismi Latifah
NIM / NIP : K8414061
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menjelaskan rasionalitas orang tua dalam pengambilan keputusan jurusan kuliah anak.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah (1) sumber data primer dan (2) sumber data sekunder. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik pengambilan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman yang memiliki tiga tahapan yaitu (1) reduksi data, (2) sajian data dan (3) kesimpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasionalitas orang tua dalam memilih jurusan kuliah anak melalui preferensi yaitu pertama, langkah melanjutkan tujuan yang telah ditetapkan; kedua, sebagai kualifikasi dalam menghadapi persaingan dunia kerja; ketiga, memperluas relasi di lingkungan kuliah; keempat, faktor keluarga yang bekerja dibidang yang sama; kelima, peluang pekerjaan di masa depan; keenam, investasi jangka panjang; dan ketujuh, meningkatkan status sosial keluarga di dalam masyarakat.

Kata kunci : Rasionalitas, Pengambilan Keputusan, Peran Orang Tua

 

×
Penulis Utama : Ismi Latifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8414061
Tahun : 2019
Judul : Analisis Teori Pilihan Rasional James S. Coleman terhadap Rasionalitas Orang Tua dalam Pengambilan Keputusan Jurusan Kuliah Anak di Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8414061-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.rer.nat. Nurhadi, M. Hum.
2. Siany Indria L, S.Ant., M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.