Penulis Utama : Ignatius Wisnu Sudigdo
NIM / NIP : K5413031
×

Abstrak
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui (1) jarak septic tank dengan sumur air tanah dangkal di Kecamatan Colomadu; (2) sebaran kandungan bakteri colifromsumur air tanah dangkal di Kecamatan Colomadu; (3) hubungan jarak septic tank dan sumur air tanah dangkal terhadap kandungan bakteri coliform.
Populasi dalam penulisan ini adalah sumur di seluruh desa di Kecamatan  Colomadu. Pengambilan sampel menggunakansimple random sampling pada seluruh sumur di Kecamatan Colomadu. Sampel desa padat penduduk adalah Desa Ngasem, Desa Malangjiwan dan Desa Gawanan. Sampel desa kurang padat penduduk adalah Desa Ngasem, Desa Paulan dan Desa Gajahan.Pengumpulan data dilaksanakan dengan pengukuran lapangan untuk data arah aliran air tanah dangkal dan jarak septic tank dengan sumur serta uji laboratorium untuk data kandungan bakteri coliform pada air tanah dangkal.Analisis menggunakan analisis spasial dan deskriptif kuantitatif dengan uji statistik berupa uji korelasi.
Hasil penulisan menyatakan (1) jarak septic tank dengan sumur air tanah dangkal terdapat 11 sampel lebih dari 11 meter, 10 sampel pada jarak 9 – 11 meter.22 sampel pada jarak 6 – 8 meter dan 27 sampel dibawah 5 meter. (2) kadungan coliform pada sumur air tanah dangkal terdapat 25 sampel lebih dari baku mutu air bersih (50/100 ml) dan 45 sampel di bawah baku mutu air bersih. (3) terdapat hubungan korelasi linier negatif cukup (r = -0.27) antara kandungan jarak septic tank dengan bakteri coliform pada sumur air tanah dangkal.
Kata Kunci : coliform, septic tank, sebaran, jarak

 

×
Penulis Utama : Ignatius Wisnu Sudigdo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5413031
Tahun : 2017
Judul : Analisis Spasial Kandungan Bakteri Coliform pada Air Tanah Dangkal di Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar (sebagai Bahan Ajar Geografi SMA Kelas X Kurikulum 2013 pada KD 3.6 Hubungan Manusia dan Lingkungan Akibat Dinamika Hidrosfer)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Geografi-K5413031-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si
2. Drs. Wakino, MS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.