Penulis Utama : Muhamad Fatoni
NIM / NIP : K5412052
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui agihan spasial salinitas airtanah dangkal di Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen Tahun 2016, (2) mengetahui persepsi masyarakat terhadap kondisi airtanah di Kecamatan Puring Tahun 2016, dan (3) mengetahui implementasi hasil penelitian untuk materi pembelajaran geografi SMA kelas X Kurikulum 2013.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan keruangan. Teknik pengambilan subyek penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode Line Plots Transect. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan analisis data sekunder. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis pencocokan (matching), dan skoring.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Agihan spasial salinitas airtanah dangkal di Kecamatan Puring terkonsentrasi di bagian selatan atau di dekat pantai, artinya semakin dekat dengan laut maka nilai salinitasnya semakin tinggi. (2) Persepsi masyarakat terhadap kondisi airtanah di Kecamatan Puring, termasuk dalam klasifikasi sedang, yang berarti masyarakat sudah mulai mengetahui jika wilayah mereka terdapat potensi airtanah di sumur mereka tercemar dan memiliki nilai salinitas yang cukup tinggi. (3) Implementasi hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk modul pembelajaran Geografi SMA kelas X Kurikulum 2013 yang memuat materi tentang airtanah dan salinitas.

Kata Kunci : salinitas, persepsi masyarakat, airtanah

 

×
Penulis Utama : Muhamad Fatoni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5412052
Tahun : 2017
Judul : Studi Agihan Salinitas Airtanah Dangkal di Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen Tahun 2016 (Suplemen Materi Pembelajaran Geografi pada Kelas X Kurikulum 2013 KD 3.6 Menganalisis Hubungan Antara Manusia dengan Lingkungan Sebagai Akibat dari Dinamika Hidrosfer)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Geografi-K5412052-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si.
2. Setya Nugraha S.Si, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.