Penulis Utama : Lasya Trisna Wahyudya
NIM / NIP : D1114016
×

Upaya PPRBM selaku LSM yang menangani permasalahan difable di Kota Surakarta dalam mewujudkan masyarakat difable yang mandiri adalah dengan memberikan program pelatihan rehabilitasi bersumberdaya masyarakat (RBM) dan pembangunan inklusi dalam kerangka hak asasi manusia (HAM). Untuk melihat efektivitas dari pelaksanaan program tersebut, maka akan dilihat melalui beberapa indikator seperti pencapaian tujuan atau hasil dan kepuasan kelompok sasaran.
Penelitian dilakukan di PPRBM Kota Surakarta dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer melalui proses wawancara dengan informan dan data sekunder yang yang berasal dari dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengambilan informan secara purposive sampling. Validitas data dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas program yang diberikan PPRBM Kota Surakarta yang dalam hal ini adalah program pelatihan RBM dan pembangunan inklusi dalam kerangka HAM sudah berjalan dengan baik. Dilihat dari pemberian kegiatan yang memberikan hasil yang optimal seperti dengan melakukan penyadaran diri, pengembangan diri dalam berorganisasi dan pengembangan diri dalam pekerjaan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memandirikan difable agar dapat menunjukkan kemampuan dirinya dalam hal keterampilan maupun organisasi, serta dapat menjadikan difable lebih aktif dalam berkegiatan dan lebih percaya diri untuk bersaing dengan masyarakat umum lainnya dalam hal memperoleh pekerjaan. Adapun hasil dari pemberian kegiatan tersebut adalah difable sudah mampu mandiri dan mampu untuk memotivasi teman mereka (difable) lainnya agar mau berkembang dan maju seperti mereka, dan untuk mengatasi permasalahan yang dialami difable dapat mengadakan kegiatan sosialisasi dengan mengundang keluarga yang memiliki anggota keluarga yang mempunyai keterbatasan fisik agar pemahaman mengenai hak-hak akan kelangsungan hidup difable bisa diperoleh bagi semua difable.


Kata kunci : Efektivitas, Difable

×
Penulis Utama : Lasya Trisna Wahyudya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1114016
Tahun : 2017
Judul : Efektivitas program pelatihan rehabilitasi bersumberdaya masyarakat (RBM) dan pembangunan inklusi dalam kerangka hak asasi manusia (HAM) di pusat pengembangan dan pelatihan rehabilitasi bersumberdaya masyarakat (PPRBM) kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Administrasi Negara-D1114016-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Yuliani, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.