Penulis Utama : Herlina Ayu Setyowati
NIM / NIP : K6415026
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kegiatan yang dilakukan oleh PPRBM Solo melalui program Inclusive Indonesia dalam rangka membangun civic knowledge masyarakat Boyolali untuk penghormatan hak bebas stigma bagi penyandang disabilitas; dan 2) hambatan dalam membangun civic knowledge masyarakat melalui program Inclusive Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Pengujian validitas data menggunakan model analisis triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Simpulan hasil penelitian: 1) kegiatan yang dilaksanakan oleh PPRBM Solo melalui program Inclusive Indonesia dalam rangka membangun civic knowledge masyarakat Boyolali untuk pemenuhan hak bebas dari stigma bagi penyandang disabilitas adalah melalui kegiatan melakukan 9 program penyadaran masyarakat, penyusunan database penyandang disabilitas di kabupaten/kota di wilayah sasaran program, dan melakukan penelitian disertai diseminasi hasil. 2) Hambatan dalam membangun civic knowledge masyarakat Boyolali melalui program Inclusive Indonesia antara lain: adanya persoalan tingkat interpersonal masyarakat dengan penyandang disabilitas, sikap apatis masyarakat, hubungan PPRBM Solo dengan masyarakat belum optimal, kurangnya data yang konsisten dan seimbang, akurasi tidak terjamin, data tidak seragam, informasi yang diperoleh tidak lengkap dan tidak sesuai kebutuhan, kurangnya data aktual tentang penyandang disabilitas, keterbatasan sumber daya, ketidaktahuan keberadaan data, dan sulit melakukan pendataan di masyarakat.

Kata Kunci: civic knowledge, hak disabilitas, Inclusive Indonesia.

 

×
Penulis Utama : Herlina Ayu Setyowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6415026
Tahun : 2020
Judul : Membangun Civic Knowledge Masyarakat Boyolali untuk Penghormatan Hak Bebas Dari Stigma Penyandang Disabilitas Melalui Program Inclusive Indonesia Oleh LSM PPRBM Solo (Pusat Pengembangan dan Rehabilitasi Bersumberdaya Masyarakat Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6415026 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Gunawati, S.H., M. Hum.
2. Rima Vien Permata H, S.H, M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.