Penulis Utama : Emanuel Rolandika
NIM / NIP : G0014083
×

Latar Belakang: Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit metabolik yang ditandai dengan hiperglikemia akibat dari kurangnya sekresi maupun aktivitas insulin dan merupakan salah satu penyakit yang paling banyak diderita di dunia. Obat herbal tradisional memiliki efek samping yang lebih rendah dari obat antidiabetik sintetis. Daun Buncis (Phaseolus vulgaris l.) mengandung flavonoid dan fitosterol yang memiliki efek antihiperglikemik dan antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh dan adakah pengaruh peningkatan dosis ekstrak Daun Buncis terhadap kadar glukosa darah tikus putih model Diabetes Mellitus yang diinduksi aloksan.
Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat eksperimental laboratorik dengan metode the pre and posttest control group design. Penelitian ini dilakukan di Universitas Setia Budi Surakarta. Sampel penelitian terdiri dari 30 ekor tikus putih jantan galur Wistar berusia 3 bulan dengan berat badan  ± 200 gram. Variabel bebas adalah ekstrak Daun Buncis dan variabel terikat adalah  kadar glukosa darah tikus putih. Sampel dibagi di dalam 5 kelompok perlakuan, masing-masing diberi aquadest (KK0), Metformin 90 mg/kgBB (KK1), ekstrak Daun Buncis 150 mg/kgBB (KP1), ekstrak Daun Buncis 300 mg/kgBB (KP2), dan ekstrak Daun Buncis 450 mg/kgBB (KP3) dengan sonde lambung. Pengukuran glukosa darah dilakukan setelah induksi Diabetes Mellitus dengan aloksan 200 mg/kgBB intraperitoneal dan setelah 14 hari perlakuan. Data dianalisis dengan uji non-parametrik Kruskal-Wallis dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney.
Hasil Penelitian: Hasil uji Kruskal-Wallis menunjukkan  perbedaan signifikan antara kelima kelompok perlakuan dengan nilai p=0,007 (p<0>0,05).
Simpulan: Ekstrak Daun Buncis dapat menurunkan glukosa darah tikus putih, tetapi tidak ada pengaruh peningkatan dosis ekstrak pada glukosa darah.

Kata Kunci: Diabetes Mellitus, Daun Buncis, Phaseolus vulgaris l., tikus putih, glukosa darah.

 

×
Penulis Utama : Emanuel Rolandika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014083
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh pemberian ekstrak daun buncis (Phaseolus vulgaris l.) terhadap kadar glukosa darah tikus putih (Rattus norvegicus) yang diinduksi aloksan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Ilmu Kedokteran-G0014083-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jarot Subandono, dr., M.Kes
2. Sarsono, Drs., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.