Penulis Utama : Manggara Bagus Satriya Wijaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861702006
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah SMA Berbasis Nilai-Nilai Keutamaan Serat Cebolek pada Materi Kerajaan Mataram Islam melalui Project Based Learning dengan Pendekatan Ways of Knowing untuk Meningkatkan Sikap Toleransi Peserta Didik di SMA Batik I Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S861702006-2019
Subyek : MODEL PEMBELAJARAN, NILAI SERAT CEBOLEK, TOLERANSI PESERTA DIDIK
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Serat Cebolek merupakan karya sastra Jawa karangan Yasadipura I yang berisi tujuh pupuh tembang dandanggula. Serat Cebolek mengandung nila-inilai keutamaan yang patut dijadikan teladan, seperti: kerukunan dan toleransi. Nilai- nilai tersebut berguna untuk membangun karakter peserta didik dan relevan diterapkan dalam pembelajaran sejarah di SMA Batik 1 Surakarta. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pembelajaran sejarah yang selama ini diterapkan di SMA Batik 1 Surakarta; (2) Mendeskripsikan desain pengembangan model pembelajaran sejarah berbasis nilai-nilai Serat Cebolek yang diterapkan untuk peserta didik SMA Batik 1 Surakarta; (3) Mengetahui efektivitas pengembangan model  pembelajaran  sejarah  berbasis  nilai-nilai  Serat  Cebolek  guna menumbuhkan sikap toleransi peserta didik SMA Batik 1 Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development/R&D). Metode ini digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian yang digunakan bersifat analisis kebutuhan dan menguji keefektifan produk. Tahap penelitian dan pengembangan  terdapat  sepuluh  langkah.  Sesuai  dengan  kebutuhan  peneliti bahwa sepuluh langkah tersebut disederhanakan menjadi tiga tahapan yaitu studi pendahuluan, pengembangan model, dan tahap evaluasi (uji efektifitas model). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Batik 1 Surakarta dengan menggunakan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol.
Hasil Uji efektifitas prestasi (kognitif) menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Hal itu ditunjukkan bahwa hasil uji t 0,089 dengan taraf signifikan 0, 0,05 dinyatakan, bahwa   nilai sig sebesar 0,089 lebih besar dari 0,05 (0,089 > 0,05). Artinya, kelas eksperimen dan kontrol memiliki varian yang tidak sama dengan rerata kompetensi yang tidak sama juga. Uji t untuk penilaian sikap toleransi diperoleh nilai tthit (0,769) > ttab  (0,142) dengan taraf signifikansi 0,03 lebih kecil daripada 0,05.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Nilai-Nilai Serat Cebolek, Toleransi peserta didik

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd.
2. Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd, M,Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana