Penulis Utama : Esti Rahayu
NIM / NIP : F3614048
×

ABSTRAK

Salah satu kegiatan utama bank ialah menyalurkan dana dalam bentuk pinjaman atau kredit, dimana kredit tersebut dapat dipergunakan di berbagai sektor ekonomi. Terdapat risiko yang diemban oleh pihak bank ketika menyalurkan kredit. Salah satu risiko adalah munculnya kredit bermasalah yang tidak jarang berujung pada kredit macet atau Non Performing Loan (NPL). Banyaknya jumlah kredit bermasalah akan berdampak buruk pada kesehatan suatu bank. Penyebab kredit yang bermasalah berbeda antara satu sektor dengan sektor yang lain. Penanganan kredit yang bermasalah dapat pula berbeda-beda tergantung pada situasi dan kondisi debitur maupun pihak bank.
Penelitian mengenai kredit mikro dan kredit usaha rakyat bermasalah ini dilakukan pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Unit Sumber, dengan tujuan mengetahui sektor ekonomi apa yang paling banyak mengalami kredit bermasalah di tahun 2015-2016 dan apa saja penyebab sekaligus tindakan penanganan pihak BRI Unit Sumber dalam mengatasi kredit bermasalah pada suatu sektor ekonomi. Hal tersebut karena kredit mikro dan kredit usaha rakyat rentan mengalami kredit bermasalah, khususnya pada unit-unit BRI.
Pembahasan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan data primer dan sekunder. Data primer meliputi wawancara dan pengamatan selama berada di lokasi, sedangkan data sekunder meliputi arsip-arsip dan dokumen pada unit tersebut.
Hasil dari penilaian dan pengamatan menyatakan bahwa sektor jasa-jasa dunia usaha mengalami KUPEDES bermasalah terbanyak di tahun 2015 dan sektor konstruksi mengalami KUPEDES bermasalah terbanyak di tahun 2016. Sedangkan sektor industri mengalami KUR bermasalah terbesar baik di tahun 2015 mapun 2016. penyebab kredit bermasalah di masing-masing sektor cenderung karena perubahan cuaca yang tidak bersahabat dengan usaha debitur dan persaingan yang ketat. Kemudian penanganan-penanganan kredit bermasalah pada dasarnya sama yaitu dengan menggunakan langkah-langkah sesuai teori atau peraturan yang ada, namun pada BRI Unit Sumber sendiri mempunyai cara khusus untuk menangani kredit bermasalah yakni dengan mencarikan link kerja sama bagi debitur yang kesulitan membayar dan menawarkan untuk mendirikan stand pada event-event BRI khususnya bagi debitur yang mengalami masalah dalam mengangsur kewajibannya.


Kata kunci: kredit bermasalah, sektor ekonomi kredit bermasalah, penanganan kredit  bermasalah

 

×
Penulis Utama : Esti Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3614048
Tahun : 2017
Judul : Kredit mikro dan kredit usaha rakyat bermasalah berdasarkan sektor ekonomi pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk unit sumber periode tahun 2015-2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Prog. D III Keuangan dan Perbankan-F3614048-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nugroho Saputro, S.E., M.Ec.Dev,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.