Penulis Utama : A. Permata Pakerti
NIM / NIP : F1115001
×

ABSTRAK

Penelitian ini berfokus pada (1) analisis tingkat ketahanan pangan rumah tangga petani di Kecamatan Juwangi, Kabupaten Boyolali, (2) analisis perbedaan tingkat ketahanan pangan diantara dua desa yang memiliki ciri khas masing – masing yaitu lahan pertaniannya antara lain lahan sawah irigasi dan lahan sawah non irigasi dan (3) analisis faktor karakteristik responden apakah berpengaruh terhadap tingkat ketahanan pangan di kedua jenis lahan pertanian tersebut.

Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan cara metode penyebaran angket dan wawancara langsung kepada responden. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan aplikasi IBM SPSS 21 dengan teknik analisis antara lain : uji One Sample T Test, selanjutnya uji Independent Sample T Test dan terakhir uji K Related Samples ( Cochran’s Q ).

Hasil penelitian ini antara lain menunjukkan bahwa tingkat ketahanan pangan rumah tangga petani teruji rendah dengan nilai signifikansi 0,000 pada masing – masing komponen variabel ketahanan pangan dengan nilai T value = 4 dan rata – rata komponen ketahahan pangan tidak mencapai T value. Terdapat perbedaan tingkat ketahanan pangan diantara lahan pertanian sawah irigasi dan lahan sawah non irigasi dengan rata – rata lahan irigasi senilai 8,8 dan non irigasi 6,43. Terakhir terkait faktor – faktor yang berpengaruh terhadap tingkat ketahanan pangan rumah tangga petani hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keseluruhan variabel independen terdapat satu variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat ketahanan pangan yaitu kelompok usia.

Kata Kunci : Ketahanan Pangan, Lahan Sawah Irigasi dan Non Irigasi, Rumah Tangga Petan

×
Penulis Utama : A. Permata Pakerti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1115001
Tahun : 2017
Judul : Tingkat Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani pada Lahan Irigasi dan Non Irigasi di Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Ekonomi Pembangunan-F1115001 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Daerobi, M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.