Penulis Utama : Wahyu Zolla R
NIM / NIP : R0215099
×

Abstrak

Latar Belakang: Pekerja yang terpapar panas akan merasa lelah dan lemah yang dapat memicu terjadinya stres kerja selain itu hubungan sosial dengan lingkungan sekitarnya juga dapat mempengaruhi terjadinya stres kerja karena di tempat kerja terdiri dari pekerja-pekerja yang berbeda sifat, sikap dan kepribadian sehingga sangat mungkin untuk terjadinya perbedaan pendapat yang menyebabkan konflik kerja. Stres kerja merupakan reaksi negatif manusia akibat adanya tekanan yang berlebihan atau jenis tuntutan lainnya. Stres kerja sangat bersifat individual dan pada dasarnya bersifat merusak bila tidak ada keseimbangan antara daya tahan mental individu dengan beban yang dirasakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim kerja panas dan konflik kerja dengan stres kerja pada pekerja bagian produksi di PT. Aneka Adhilogam Karya Klaten.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan metode analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambil sampel yaitu menggunakan teknik sampling jenuh sehingga didaptkan sampel penelitian sejumlah 43 responden yang seluruhnya adalah pekerja bagian produksi PT. Aneka Adhilogam Karya Klaten. Pengukuran iklim kerja panas dilakukan dengan menggunakan alat heat stress area, sedangkan pengambilan data konflik kerja dan stres kerja menggunakan kuesioner yang telah divalidasi. Teknik analisis data menggunakan uji statistik spearman, pearson dan uji regresi regresi linier berganda.

Hasil : Hasil korelasi Spearman menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara iklim kerja panas dengan stres kerja (p = 0.002, r = -0465), dan hasil korelasi Pearson antara konflik kerja dengan stres kerja juga signifikan dengan hasil (p = 0.004, r = -0.425). Hasil uji regresi linier berganda menunjukan (p = 0.001, r = 0.529) yang artinya terdapat hubungan antara iklim kerja panas dan konflik kerja dengan stres kerja. Iklim kerja panas dan konflik kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap stres  kerja dengan pengaruh sebesar 28%.

Simpulan: Iklim kerja panas dan konflik kerja berpengaruh terhadap terjadinya stres kerja pada pekerja bagian produksi PT. Aneka Adhilogam Karya Klaten.
    
Kata Kunci : Iklim Kerja Panas, Konflik Kerja, Stres Kerja

×
Penulis Utama : Wahyu Zolla R
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0215099
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Antara Iklim Kerja Panas dan Konflik Kerja dengan Stres Kerja pada Pekerja Bagian Produksi di PT Aneka Adhilogam Karya Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0215099-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heni Hastuti, dr. M.PH.
2. Dr. Sri Mulyani, S.Kep.Ns., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.